Indartatik Susilo

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Sensasi Menikmati Senja di Pantai Indah Kapuk
Lomba Menulis Buku IPP Jakarta Mediaguru

Sensasi Menikmati Senja di Pantai Indah Kapuk

Jakarta sebagai ibu kota negara, kini mulai bersolek sehingga nampak lebih elok dipandang mata. Bagi sebagian pengunjung yang rutin datang ke Jakarta pasti akan merasakan perubahan wajah Jakarta yang sangat signifikan dari waktu ke waktu. Sebelum bertransformasi menjadi pusat pemerintahan seperti sekarang ini, Jakarta lebih dulu dikenal sebagai wilayah pesisir dan juga kota pusat perdagangan. Uraian lengkap sejarah kota Jakarta dari waktu ke waktu tersebut dapat kita peroleh dari buku karya Adolf Heuken SJ yang berjudul Sejarah Jakarta (dari masa pra sejarah sampai ahir abad 20).

Sebagai kota pesisir dan pusat perdagangan, Jakarta juga sangat identik dengan berbagai aktivitas bongkar muat barang (pelabuhan), pengolahan hasil laut maupun wisata bahari. Wilayah Jakarta Utara yang langsung berbatasan dengan laut Jawa memiliki daerah yang terkenal seperti Tanjung Priok, Muara Angke, Marunda, Marina Ancol dan yang terbaru adalah Pantai Indah Kapuk atau yang dikenal dengan singkatan PIK. Meskipun pantai indah kapuk sebenarnya merupakan area perumahan elit sekaligus pusat perbelanjaan di timur laut Jakarta namun sejak beberapa waktu terahir, wilayah ini telah menjelma menjadi destinasi wisata baru yang menarik untuk dikunjungi.

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai ini kita memiliki 2 opsi diantaranya yaitu menggunakan kendaraan pribadi atau dapat juga menggunakan moda transportasi umum terintegrasi yang nyaman dan terjangkau. Pada saat itu kami sekeluarga memiliki pengalaman perdana menggunakan angkutan umum JakLingko 54 rute Grogol-Benhil menggunakan kartu JakLingko/e-money sebagai alat pembayaran non tunai kepada pengemudi untuk kemudian ditempelkan ke mesin EDC. Perjalanan kami selanjutnya dilanjutkan dengan menggunakan bus Transjakarta dari Halte Grogol 1 menuju ke Halte Harmony. Setelah tiba di wilayah Harmony kami berpindah jalur bus dan melanjutkan perjalanan menuju rute Pantai Indah Kapuk. Kami sangat beruntung karena ternyata bus Transjakarta rute Harmony-Pantai Indah Kapuk yang kami naiki saat itu memiliki tujuan ahir Halte Pantai Maju yang merupakan salah satu destinasi yang ingin kami tuju. Dari Informasi yang kami terima dari pertugas ticketing, Rute ini merupakan salah satu yang terpadat karena bus transjakarta akan melewati beberapa tempat wisata sekaligus seperti kota tua, muara angke, pluit dan berahir di wilayah PIK.

Wilayah Pantai Indah Kapuk menawarkan beberapa pilihan tujuan wisata diantaranya yaitu pantai pasir putih, Pantai Maju,Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Cove et Batavia, Pantjoran China Town, Urban Farm dan lain-lain. Pantai Maju merupakan tempat wisata yang memiliki konsep sebagai ruang publik terintegrasi untuk bersantai, bermain sekaligus berolahraga karena wilayah ini memiliki jalasena atau lintasan yang mengelilingi kawasan pantai. Saran saya jika ingin berkunjung sebaiknya lakukan di sore hari agar dapat menikmati suasana matahari tenggelam di tepi pantai sekaligus menghindari terik panas matahari di siang hari. Menurut informasi dari petugas keamanan yang banyak berjaga di pinggir pantai, jika kami ingin berkeliling wilayah pantai maju disarankan menyewa sepeda listrik. Maka kami putuskan untuk menyewa 2 buah sepeda listrik dengan tarif Rp. 75.000-150.000,-/jam.

Dari pantai maju selanjutnya kami bergeser ke destinasi wisata lain yaitu Pantjoran China Town yang dapat ditempuh hanya 5 menit saja dari pantai Maju dengan bersepeda. Disini kami dapat merasakan seolah-olah berada di daratan Tiongkok karena dekorasinya sangat kental dengan budaya Tionghoa mulai dari musik, gapura, rumah, toko-toko, patung dan aneka mural. Kami juga bisa menikmati aneka kuliner kekinian yang dijual dengan harga bervariasi.

Selanjutnya karena masih ingin menikmati susana sore menjelang malam hari yang eksostis, kami menyusuri pantau maju untuk kemudian memasuki wilayah pusat belanja berkonsep ruko –ruko modern di pinggir pantai yang dikenal dengan nama San Antonio Promenade (pelataran tepi laut) yang sangat cocok untuk berswafoto. Di sini banyak terdapat pertokoan modern berkonsep terbuka ala cafe-cafe di Amerika dan Eropa. Nah, apakah anda juga tertarik menikmati senja di pantai Indah kapuk seperti kami? Selamat berwisata berkeliling kota Jakarta ya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

22 Sep
Balas

terima kasih sudah mampir pak, salam literasi

24 Sep

Keren reportasenya.

23 Sep
Balas

terima kasih suportnya bu, salam literasi

24 Sep



search

New Post