Indaryati Sugeng

Guru yang selama ini hanya ngajar dan koreksi tugas siswa tanpa pernah menyadari bahwa menulis adalah sebuah kebutuhan untuk mencurahkan isi pikiran, hati ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Healing Kayangan Skyline Indah dan Mendebarkan

Healing Kayangan Skyline Indah dan Mendebarkan

Healing Kayangan Skyline Indah dan Mendebarkan

Oleh: Indaryati

Guru MAN Temanggung

 

Keindahan panorama kayangan bukan dusta dan tidak mengada ada. Kekaguman akan ciptaan Allah Swt merupakan hal sebuah keharusan dengan ucapan Alhamdulillah dan subhanallah. Puji syukur pada yang maha pencipta dunia yang indah seindah surga itulah sebuah anugrah hidup di Indonesia

Kata healing dalam bahasa gaul adalah penyembuhan atau pengobatan diri. Hal ini berkaitan dengan penyembuhan psikologis jiwa, perasaan, batin, dan pikiran pada seseorang. Healing itu tidak sesimpel pergi jalan-jalan, melepaskan diri dari tanggung jawab dan pergi dengan mencari kesenangan. Namun demikian banyak orang yang mengartikan healing sebagai waktunya staycation atau bersenang-senang bersama teman atau keluarga.

Kesempatan liburan minggu kemarin merupakan momen yang tidak boleh terlewatkan  pergi bersama keluarga untuk healing. Berbekalkan informasi yang ada dari aplikasi instagram mencari lokasi yang bagus dan belum pernah kita kunjungi. Merupakan pilihan kita tempat yang indah asri dan membuat hati tentram dan nyaman menjadi alternative pilihan kita sekeluarga.

Pagi hari pukul tujuh kita sudah bersiap ganti dan mempersiapkan bekal cemilan dan minum dari rumah. Gerobak roda empat yang kami naiki cukup menanpung empat dewasa dan dua balita yang menyertai kami di jalan. Alunan lagu anak-anak bahasa jawa, sering di putar eyang kakung untuk cucu kami agar kenal budaya Jawa dan mudah menghafalkannya.

Perjalanan hampir dua jam melewati jalan alternatif Temanggung Wonosobo marupakan panorama indah mempesona. Pohon cemara yang menghiasi sepanjang jalan yang kami lewati membuat suasana nyaman dan bahagia. Hamparan pohon teh tambi yang menghampar hijau membuat kami semakin kagum atas kebesaran sang pencipta.

Kota Temanggung dan kota Wonosobo merupakan salah satu kota yang dingin segar dan nyaman untuk healing. Jalan yang kita lewati banyak mobil-mobil luar kota yang melintas dan bebarengan dengan kami. Diantaranya ada mobil berplat K, R, H, AD, G dan plat kami AB padahal di kawasan plat AA. Dalam hati kami mereka semua mungkin sama dengan kita ingin healing beserta keluarga, membuang  penat dengan menikmati pemandangan.

Setelah beberapa saat akan memasuki kawasan ke Kayangan Skyline, kami harus antri mobil jalan buka tutup satu arah. Ada waktu sekitar 30 menit kami harus menunggu giliran untuk naik kebukit kayangan yang jalannya menanjak dan belum ada pengerasan jalan masih jalan berbatu yang tertata rapi sepanjang kira-kira satu kilo meter.

Perjalanan satu kilometer ini sangat mendebarkan karena di sebelah kiri jalan jurang yang dalam sebalah kanan gunung yang tinggi. Pemandangan indah nan elok yaitu Telaga Menjer yang terkenal di Wonosobo ada di sebelah kiri dalam seperti di dasar jurang. Terlihat dari kejauhan telaga tenang, bening dan curam, dari kejauhan ada pengunjung yang menikmati perahu motor dengan pelan tak ada air beriak. Pemandangna yang sangat indah dan sangat mendebarkan karena ada adrenalin yang mengenyakkan dada.  

Setelah sampai diatas ada panorama luarbiasa yang bisa dinikmati, di sepanjang mata memandang pegunungan yang mengitari kita indah hijau dan memukau. Bagian bawah adalah telaga menjer yang bening, curam dan dalam serasa melabaikan tangan mengajak untuk  datang kesana.  Di Kayangan Skyline ada lokasi kaca tempat kami berfoto merupakan lokasi pilihan yang menjadi antrian pengunjung. Terpangpang aturan yang ada di plakat maksimal diperkenankan naik hanya  delapan orang saja sedangkan yang lain harus mengantri.

Perasaan takut melihat di bawan ada jurang dan telaga menjer membikin semakin merinding dan kaki ini terasa kesemutan karena pobia. Tak berani lama ada di panggung kaca hanya berfoto sebentar kemudian lekas turun. Perasaan takut ketinggian terasa kaki kesemutan dan detak jantung semakin cepat menjadi alasan tidak berlama-lama. 

Saatnya kami sekeluarga membuka bekal, yang sudah dipersiapkan dari rumah buah dan cemilan serta minum sambil melepas lelah. Makan buah naga kesukaan cucu membuat kaos berlumuran warna merah meungguan. Hal yang biasa untuk anak balita menikmati makanan kesukaannya. Serasa dingin angin semilir walau jam sudah menunjukkan pukul sebelas siang, nikmatnya pesan kopi diretoran yang sudah tersedia disana. Sambil menikmati panorama kami menikmati kopi Arabika Khas Temanggung.

Setelah beberapa saat karena semakin banyak mobil luar kota yang berdatangan dan semakin padat, maka kami memutuskan untuk segera antri mobil untuk turun kelokasi bawah tempat awal kami transit. Mampir musola untuk sholat duhur terlebih dulu dan melanjukan perjalanan pulang dengan melewati jalan alternatif teh tambi wonosobo temanggung yang pemandangan juga indah. Pukul lima kami sampai di rumah dan mandi air hangat terasa segar dan fresh.

 

Bionarasi

Indaryati, S Pd, asli Yogyakarta lahir 13 Desember 1971,  menempuh pendidikan di IKIP Negeri Yogyakarta. Mengampu Mata Pelajaran Keterampilan dan PKWU. pengajar aktif  di MAN Temanggung Jawa Tengah. Menulis setiap hari di Blog Gurusiana. Antologi Dekapan Hangat Ibunda, Goresan Pena Angkatan 4, Romadan tidak Sekedar Lapar, Healthy Mind Happy Life, Aku Bisa Berbuat Baik, Menulis Kisah Mencatat Sejarah, Aku pernah Salah Langkah, Kami Rindu Tatap Muka,  Dari Gendrowo hingga Kuntilanak, Mom Amour, Surat untuk Guru Kami Tercinta, Cinta Pertama, Warna kasih yang pernah ada, Menjadi manusia Limited Edition, Beginilah cara kami dalam mendidik anak, ibu itu…. , Ayo Nggedabrus. Pengalaman Terbaik di 2021- 2022.  Izinkan Aku menulis Harapan tentang Ketiadaan dan membaca Cinta Bersamamu. Pencurian berjubah Plagiat.Yok Kita Jaga Bahasa, Menantang Harapan, Sejuta Karya dalam Aksara, Mutiara Cita (solo), Cinta Tak pernah Pergi.  Baca ini kalau Kamu Butuh Inspirasi. Senandung Cinta, Cipta Puisi Nasional, Pesan Guru Pada Murid, Pulang, Pelangi Kasih Mertua Menantu, Harurkah Guru Memanipulasi Nilai?, Cinta Kronik yang Enigmatik, Ada Cinta yang Tak Terbaca, Jodoh, Sejuta Karya dalam Aksara, Bangkit dari Titik Terendah, Senandung cinta penuh makna, Misi menyebarkan virus literasi di lingkungan Madrasah. Bisa dihubungi No. HP. 085729761212 disur el: [email protected]. IG inda_ryatisugeng.

Temanggung, 13 Juni 2022

Ditaman Kayangan Skyline

Diatas menara kaca Kayangan Skyline

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah tayang, silakan singgah bapak ibu, terimakasih sudah berkenan, salam literasi sehat selalu

13 Jun
Balas

Mantap Bunda sayang. Semoga lolis ya Bun.

13 Jun
Balas



search

New Post