Indaryati Sugeng

Guru yang selama ini hanya ngajar dan koreksi tugas siswa tanpa pernah menyadari bahwa menulis adalah sebuah kebutuhan untuk mencurahkan isi pikiran, hati ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Nasi Tumpang

Nasi Tumpang

Oleh: Indaryati

Makanan khas Nganjuk merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi di lidah orang Jawa. Jawa Timur ataupun Jawa Tengah sudah pernah merasakan nikmatnya cita rasa Nasi Tumpang yang menggoda. Untuk yang belum pernah bisa saja penasaran rasanya sehingga akan berusaha memasak atau mencari warung yang menjual nasi tumpang di kaki lima atau di rumah makan Jawa Timuran.

Untuk yang masih penasaran dengan Nasi Tumpang silahkan simak resep masakan tentang cara membuat Nasi Tumpang:

Bahan-bahan

125 gr tempe yang sudah agak busuk (tempe fermentasi)

Secukupnya air untuk merebus tempe

350 santan Kelapa

50 ml santan kelapa kental

2 cm lengkuas

Secukupnya enyedap rasa bila suka

Secukupnya minyak untuk menumis

1 sdm bawang merah goreng

1 sdm udang rebon goreng

5 lbr daun jeruk

6 lembar daun salam

Bumbu yang dihaluskan

4 siung bawang putih

10 butir bawang merah

3 buah cabe merah besar

15 buah cabe rawit

3 butir miri

Cara pembuatan Nasi tumpang

Biji rambutan di Sangria dengan api kecil sampai berubah warnanya. Biji rambutan di haluskan baham-bahan di rebus terlebih dahulu.

Bumbu tumbar, miri, garam, tempe bosok, bawang merah, bawang putih daun jeruk wangi, lengkuas, salam di halushan.

Biji rambutan yang di haluskan di rebus besama tempe bosok, air rebusan jangan di buang tetapi nanti akan di lakukan perebusan lagi dengan di tambah santan, di campur dengan bumbu yang sudah di haluskan tadi di rebus sampai matang.

Bila sudah matang masukkan pada pani sayur lalu bisa taburi dengan bawang goreng bersama rempeyek.

Tempe bosok aman di konsumsi menambah nafsu makan dan sebagai onti oksidan tubuh.

Biji rambutan selain karya karbohidrat biji rambutan juga ber fungsi mencegah diabetes

Masakan sego tumpang sudah sejak jaman dulu yaitu pada abad 19.

Selamat mencoba

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah tayang, terimakasih admin dan bapak ibu semua

24 Apr
Balas



search

New Post