Indaryati Sugeng

Guru yang selama ini hanya ngajar dan koreksi tugas siswa tanpa pernah menyadari bahwa menulis adalah sebuah kebutuhan untuk mencurahkan isi pikiran, hati ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Temanggung Negeri Tembakau

Temanggung Negeri Tembakau

Oleh

Indaryati

MAN Temanggung

Pagi masih sepi baru sege lintir orang yang terjaga. Ku basahi air telapak tangan, mukasiku, rambut serta kaki ku. Bersuju dkepada-Mu adalah kebutuhanku. Udara dingin masukkebulu, kulit, daging tubuhku serasa menusuk sakit.

Sejak colonial Belanda sejak dikenal nyata naman-tanaman dari luar nusantara. Yang di uji coba untuk di tanam di Hindia oleh Pemerintah colonial. Tanamaninitentunya punya nilai jual di kancah Internasional. Kota Temanggung terletak di gunungSumbing dan Gunung Sindoro. Temanggung berbatasan dengan sebelah utara dengan kabupaten Kendal sebelah Timur dengan Kabupaten Semarang, sebelah selatan dengan Kabupaten Magelang, dan sebelah barat dengan kabupaten Wonosobo. Temanggung juga di kenal dengan sebutan kota tembakau / negeri tembakau karena mayoritas penduduknya menggantungkan dengan bertani tembakau.

Masyarakat Temanggung mayoritas mata pencahariannya bertani tembakau. Pada bulanmei para petani sudah mulai menanam tembakau sehingga pada bulan juni juli dijalan Nasional Temanggung dapat kita nikmati keindahan pohon-pohon tembakau dikanan dan kiri jalanan.

Didukung dengan cuacanya di Temanggung sangat mendukung untuk di tanami kopi, teh, tembakau, tanaman tersebut sangat menguntungkan bagi petani di Temanggung. Tembakau di uji cobakan di tanam di Temanggungsejak tahun1830-an dan berhasil. Semenjak itu tembaku menjadi hasil bumi yang sangat penting bagi pemerintah dan rakyat Temanggung.

Proses PenanamanTembakau

1. Proses pengolahan

Tanah di gemburkan denga pacul/traktor

2. Di buatguludan=guludandenganukuranlebar 100cm

3. Setelah lahansiap di genangi air selamabebrapahari

4. Bibittembakausiap di tanam. Dalam memilih benih biasanya ada yang cabut atau sudah ditanam di polybag.

SilahkandatangkeTemanggunguntukmelihattanaman yang ijoroyo-royomenyegarkansetiap orang yang melihatnyasebelumdaunnya di panenuntuk di olahselanjutnya.

Temanggung, 22 April 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

alhamdulillah Tayang,salam sehat ibi bapak semua

22 Apr
Balas



search

New Post