Indra Nurdianto, M.Pd.

Indra Nurdianto, lahir di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Alumnus S1 Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang/UM (2014) dan S2 Pendidikan Bahasa In...

Selengkapnya
Navigasi Web
Giat Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka
Dewan Guru MA Almaarif Singosari Berfoto Bersama Instruktur Bimtek dan Pengawas Madrasah

Giat Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka

Giat Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka

SINGOSARI – Segenap guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MA Almaarif Singosari hari ini (4/3) bersama-sama mengikuti Bimbingan Teknis (BIMTEK) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Kegiatan Bimtek kali ini digelar guna merespons Kurikulum Merdeka yang mulai dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada Februari 2022 lalu. Lebih lanjut, Kurikulum Merdeka yang sejak awal sudah mulai diimplementasikan di berbagai jenjang sekolah maupun madrasah merupakan besutan ide pasca penerapan Kurikulum Darurat pada saat pandemi Covid-19.

Forum Komunikasi Kepala Madrasah Aliyah Swasta (FKK-MAS) Kabupaten Malang kini mulai fokus mengadakan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka sebagaimana instruksi dari pengawas madrasah. MA Almarif Singosari sebagai ketua KKM wilayah utara turut menggelar Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka sebagai upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru yang bertempat di Aula Lantai 3 pada Sabtu (4/3) ini. Narasumber yang khusus diundang dalam Bimtek tersebut, yakni Dr. Eni Kuswati, M.Pd., selaku instruktur sekolah penggerak sekaligus penelaah Badan Standar Penilaian Pendidikan dan Kurikulum (BSKAP) di Kemenristekdikti.

Bimtek pagi itu diikuti oleh para guru anggota KKM MA Almaarif Singosari, di antaranya dari MA Darun Najah Karangploso, MA Al-Hidayah Karangploso, MA NU Karangploso, MA Mafatihul Huda Pujon, MA Al-Jasmine Banjararum, MA Darul Karomah Randuagung, MA Al-Mustaqim Lawang, dan MA Darul Fikri Dau. Selanjutnya, Bimtek dibuka oleh KH. Anas Noer, M.H., selaku Ketua Yayasan Pendidikan Almaarif (YPA) Singosari yang juga secara langsung dihadiri oleh Choirul Sholeh, S.Pd., MA., selaku pengawas madrasah KKM.

“Saya berharap unit-unit di lingkungan Yayasan Pendidikan Almaarif Singosari bisa menjadi sekolah atau madrasah yang ramah anak. Saya juga berharap agar Bimtek Implemetasi Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan di MA Almaarif Singosari pagi ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan dan terukur,” ungkap Anas sebelum membuka acara (4/3).

Bimtek kali ini dimulai pukul 08.30 WIB dengan seremonial pembukaan acara yang diisi menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, dan sambutan-sambutan. Seusai seremonial, Dr. Eni Kuswati, M.Pd., langsung menyampaikan materi tentang perangkat pembelajaran kurikulum merdeka, mulai dari alur tujuan pembelajaran hingga penyusunan modul ajar. Para peserta Bimtek pun dibimbing dengan metode praktik secara langsung sesuai mata pelajaran dan jenjang/fase. Tampak para peserta Bimtek begitu antusias dan serius saat mempraktikkan tutorial yang disampaikan oleh instruktur.

“Sekarang Bapak/Ibu guru peserta Bimtek bisa memilih capaian pembelajaran setiap fase sesuai dengan jenjang masing-masing, yang mana fase E untuk kelas X SMA/MA/SMK/MAK/Program Paket C, sedangkan fase F untuk kelas XI dan XII SMA/MA/SMK/MAK/Program Paket C,” ucap Eni saat memberikan instruksi (4/3).

Instruktur juga mencontohkan secara langsung tata cara mengajar berdasarkan kurikulum merdeka kepada para peserta Bimtek. Dalam hal ini instruktur dibantu oleh beberapa siswa-siswi dari anggota PK. IPNU-IPPNU MA Almaarif Singosari saat memberikan contoh pengajaran tersebut.

Bimtek selesai pukul 15.30 WIB yang ditutup oleh pengawas madrasah KKM sekaligus diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Drs. H. Slamet Hariyono, M.Pd.I. Di akhir pertemuan, para peserta Bimtek dari masing-masing madrasah berkesempatan untuk berfoto bersama dengan instruktur dan pengawas KKM. (IND/Almasima)

Sabtu, 4 Maret 2023

Laporan oleh:

Indra Nurdianto, M.Pd.*

*indranurdianto.gurusiana.id

#Ayo kunjungi website MA Almaarif Singosari melalui laman https://www.ma-almaarif-sgs-sch.id, follow Instagram (IG) @MA Almaarif Singosari, Subscribe Youtube (YT) @MA Almaarif Singosari, dan like halaman Facebook (FB) @MA Almaarif Singosari.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post