Indra Nurdianto, M.Pd.

Indra Nurdianto, lahir di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Alumnus S1 Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang/UM (2014) dan S2 Pendidikan Bahasa In...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tingkatkan Program Madrasah Kader Ulama dan Karakter Spiritual Siswa
Kultum seusai salat zuhur oleh siswa

Tingkatkan Program Madrasah Kader Ulama dan Karakter Spiritual Siswa

Tingkatkan Program Madrasah Kader Ulama dan Karakter Spiritual Siswa

Oleh Indra Nurdianto, M.Pd.

Senin (22/11/21), humas MA Almaarif Singosari dalam sepekan terakhir ini telah laksanakan program madrasah kader ulama dan penguatan karakter spiritual siswa. Beberapa agenda program aktualisasi tersebut, yakni penyampaian kuliah tujuh menit (kultum) bakda salat zuhur oleh siswa, pembiasaan mudawatul wudu (menjaga suci dari hadas kecil), dan pengistikamahan salat zuhur beserta salat sunah duha berjemaah. Selain itu, program aktualisasi terintegrasi KBM/PBM lainnya seperti pembacaan rotibul hadad setiap hari jumat, pembacaan surah-surah Alquran pilihan, dan istigasah rutin sukses ilmu manfaat (nafi’) juga telah terlaksana dengan baik. Adapun dukungan guna menyukseskan dan menyempurnakan berbagai program aktualisasi penguatan tersebut salah satunya realisasi pelaksanaan bedah silabus Standar Siswa Kader Ulama (SSKU) dan pembinaan keagamaan bagi Bapak/Ibu guru pembina SSKU.

Agenda awal sosialisasi bedah silabus SSKU dan pembinaan bagi Bapak/Ibu guru pembina SSKU dalam menyukseskan program penguatan tersebut telah terlaksana pada hari Selasa, 16 November 2021 di ruang kelas XII MIA 2. Acara yang berlangsung begitu antusias selama kurang lebih dua jam ini menghadirkan tiga pemateri dari lingkup litbang kegamaan dan tim penyusun SSKU. Materi pertama diisi dengan penguatan visi misi madrasah sebagai pengantar mendalami buku SSKU yang disampaikan langsung oleh Bapak Drs. H. Slamet Hariyono, M.Pd.I., selaku litbang keagamaan. Materi kedua diisi dengan penguraian perbedaan antara buku SSKU lama dan baru yang berkaitan dengan tujuan, isi, pembelajaran, urutan isi, evaluasi, peran pembina, serta output yang disampaikan oleh Bapak Drs. H. Nukman Khumaidi, M.Pd.I., bersama Bapak Dr. Rosidin, M.Pd., selaku tim penyusun buku SSKU. Adapun acara selanjutnya diisi dengan diskusi bersama antara para pemateri dan Bapak/Ibu guru pembina SSKU dalam menentukan konsep maupun metode yang efektif guna menyukseskan program madrasah kader ulama dan penguatan karakter spiritual siswa.

Agenda berikutnya berkaitan dengan realisasi pelaksanaan skema teknis penguatan karakter spiritual siswa terintegrasi KBM/PBM di MA Almaarif Singosari yang secara rinci dilakukan melalui beberapa kegiatan. Pertama, pembiasaan menjaga suci dari hadas kecil dengan selalu menjaga wudu yang dilaksanakan setiap hari oleh semua siswa maupun Bapak/Ibu guru saat berada di lingkungan madrasah. Kedua, pembiasaan membaca surah-surah Alquran pilihan setiap jam pertama di ruang kelas masing-masing dipimpin oleh pengurus kelas dan didampingi guru mata pelajaran jam pertama. Pembiasaan dalam hal ini dimulai dengan membaca doa awal belajar, asmaul husna, dan dilanjutkan surah-surah Alquran pilihan, seperti ­As-Syams – Al-Adiyat (senin), ­Al-Waqiah (selasa), ­Al-Mulk (rabu), ­Yasin (kamis), dan ­Al-Qori’ah – An-Nas (sabtu). Ketiga, pembiasaan membaca rotibul hadad setiap hari jumat jam pertama di ruang kelas masing-masing dipimpin oleh pengurus kelas dan didampingi oleh guru mata pelajaran jam pertama.

Keempat, pengistikamahan salat sunah duha berjemaah dan pembacaan istigasah secara bergilir dua kelas setiap hari kamis jam pertama di Musala Soeratmin yang dipimpin oleh pengurus kelas dengan didampingi guru mata pelajaran jam pertama. Kelima, pengistikamahan salat duhur berjamah setiap hari di Musala Soeratmin oleh semua guru, staf, dan siswa yang terjadwal secara bergilir dua kelas setiap hari, sedangkan kelas lain yang tidak terjadwal tetap dianjurkan. Keenam, pembiasaan azan, ikamah, dan kultum bakda salat zuhur setiap hari di Musala Soeratmin oleh petugas dari siswa yang mendapatkan jadwal. Pembiasaan azan dalam program ini dilaksanakan 15 menit sebelum KBM berakhir (pukul 11.45 WIB selama masa pandemi), sedangkan kultum dilaksanakan bergantian dari dua kelas yang terjadwal salat berjemaah. Kendati demikian, jadwal program pembiasaan tersebut masih bersifat sementara dan akan diperbarui secara berkala. Semoga dengan adanya aktualisasi program penguatan dan pembiasaan spiritual ini bisa menjadikan keluarga besar MA Almaarif Singosari senatiasa mendapatkan keberkahaan dan kemanfaatan dari Allah SWT. Amin

#Jangan lupa kunjungi laman website https://www.ma-almaarif-sgs-sch.id, subscribe channel youtube (YT) MA Almaarif Singosari Malang, ikuti akun Instagram (IG) @aliyahsgs, dan tambahkan teman facebook (FB) MA Almaarif Singosari

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen reportasenya, Pak. Sukses selalu. Salam literasi

22 Nov
Balas

Terima kasih Pak. Amin Salam literasi..

22 Nov



search

New Post