Indra Satria, SPd

Kepala SMKN 5 Kota Jambi "Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis". ( Imam Al-Ghazali)...

Selengkapnya
Navigasi Web
Startegi vs Taktik (1)

Startegi vs Taktik (1)

Tidak sedikit orang yang masih bingung dengan arti perbedaan antara kata strategi dan Taktik, mana lebih dahulu besar atau mana yang lebih didahulukan dan menguntungkan jika diterapkan dalam melakukan suatu pekerjaan, sebagai manajer manakah yang perlu diambil dalam muntuk memenangkan sebuah pertandingan

Menurut Tun Tsu , sebuah strategi kuno cina yang belum tertandingi itu menjelaskan Salah satu hal dasar yang harus dimiliki untuk memenangkan sebuah perang menurut Sun-Tzu adalah harus bisa mengukur hasil dari peperangan itu sendiri. Caranya dengan menilai situasi yang dilakukan atas dasar lima kriteria, yakni; jalan (tao), iklim, medan, komando, dan aturan. Jalan (tao) adalah Anda harus bisa membuat pikiran pasukan sejalan dengan pikiran Anda. Dengan demikian mereka akan loyal kepada Anda meski harus masuk ke lembah kematian. Iklim adalah Anda harus mengetahui kondisi cuaca tempat Anda berperang. Hal itu sangat penting agar Anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya. Medan adalah, Anda harus mengetahui kondisi wilayah tempat berperang baik dari kondisi tanah, hutan, bangunan, dan lain sebagainya. Komando adalah Anda harus memiliki seorang komandan atau jenderal yang memiliki hikmat, integritas, kemanusian, keberanian dan disiplin. Komandan dengan sifat seperti itu merupakan komandan teladan yang dipatuhi oleh prajuritnya. Aturan adalah mencakup kefektivan organisasi, rantai komando dan hukuman. Anda harus tegas menjatuhkan hukuman jika pasukan Anda tak menaati perintah dan membuat kesalahan.

Istilah strategi sering didengar dalam kehidupan sehari-hari terutama pada aktivitas politik, militer, organisasi sampai olah raga sepak Bola.kita masih ingat bagaimana Jose Mourinho pelatih Chelsea ketika itu memainkan pertandingan bukan berdasarkan kualitas permainkan tapi melainkan membaca kekuatan lawan padahal Mourinho tidak pernah jadi pemain bola, tetapi ia amat disegani pelatih sepak bola lainnya.

#Puri Masurai 2, 27 November 2020

#tantanganmenulisgurusianan365

#tagurh133

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post