Indrya Fitri

Seorang ibu muda yang berprofesi sebagai pedidik dan juga memiliki peri kecil mungil yang berusia hampir 3 tahun. Aktivitas sehari-hari tidak jauh-jauh dari lin...

Selengkapnya
Navigasi Web

Bukan Pamit Cuma Rehat Sejenak

Tantangan Hari ke-60

#Tantangangurusiana

Dua bulan adalah waktu yang mungkin bagi sebagian orang adalah waktu yang sangat singkat. Namun, bagiku dua bulan adalah waktu yang cukup membuatku belajar dan mendapatkan pengalaman berharga yang akan selalu dikenang. Dua bulan ini, aku belajar bahwa sesuatu yang berharga dapat diraih dengan kemauan dan kerja keras serta komitmen yang sunguh-sungguh untuk mengapainya. Sesuatu yang berharga itu adalah pengalaman menulis yang membuatku merasa bangga karena pernah menjadi bagian dari tantangan menulis yang diadakan Media Guru Indonesia.

Enam puluh hari dengan enam puluh tulisan yang terkadang aku pun tidak percaya diri dengan tulisanku sendiri namun masih ada yang berkenan membacanya. Rasa terharu dan entah bagaimana aku bisa membalas mereka yang telah bersedia menyiapkan waktu untuk membaca tulisanku. Dari tantangan menulis ini, banyak hal yang bisa aku pelajar, bahwa menulis bukan hanya sekedar menuangkan ide dalam bentuk tulisan namun bagiku menulis juga membuat orang yang membaca memahami banyak hal dengan tulisan yang dibuat. Memberikan informasi lewat tulisan tentu akan lebih mudah diingat karena bisa dibaca berulang-ulang dibandingkan informasi secara lisan.

Niat awal untuk mengikuti tantangan ini adalah bukan karena keinginan untuk menulis semata, tetapi karena keinginan untuk memberikan hadiah pada diri sendiri berupa piagam penghargaan. Piagam penghargaan dari Media Guru Indonesia ini merupakan piagam penghargaan pertama yang aku dapatkan di hampir sembilan tahun pengabdianku sebagai guru. Wajar saja aku tidak pernah mendapatkan piagam apapun kecuali sertifikat pelatihan karena belum ada satu lomba pun yang pernah aku ikuti selama menjadi seorang pendidik. Aku terlalu terlena dengan zona nyaman dan kegiatanku sehari-hari tanpa terlalu berusaha untuk mengup-grade diri sendiri. Jika diminta untuk ikut pelatihan, aku akan berangkat pun jika tidak diminta ikut pelatihan ya…cukup di sekolah saja.

Akhirnya dengan tantangan gurusiana ini, sedikit mulai sedikit membuka pola pikirku bahwa ternyata di luar sana banyak sekali para pendidik yang mendedikasikan dirinya dengan sangat luar biasa untuk dunia pendidikan. Tulisan-tulisan dari mereka yang juga mengikuti tantangan di gurusiana mampu memberikan inspirasi bagiku yang sedang belajar bagaimana menulis yang baik. Sebuah proses untuk menghasilkan karya yang luar biasa memang tidak bisa instan dan waktu 60 hari sebenarnya masih belum cukup untuk belajar bagaimana membuat tulisan yang inspiratif karena proses belajar itu sepanjang masa.

Akhirnya dengan berat hati, tantangan ini mungkin akan diakhiri di angka 60 saja. Bukan tidak mau menulis lagi atau berbagi ide dan pikiran lewat tulisan, namun ada masanya terkadang seseorang butuh jeda akan aktivitas yang sama setiap harinya. Akun gurusiana akan tetap aktif, karena disitulah aku belajar untuk menuangkan ide-ide dalam bentuk tulisan walau mungkin tulisannya tidak di upload lagi setiap hari. Gurusiana akan tetap menjadi salah satu sumber bacaan sebagai referensiku belajar menulis karena tulisan-tulisan hebat di gurusiana mampu memberikan inspirasi bagiku si penulis pemula. Jaya terus para penulis hebat di gurusiana dan aku tetap menunggu karya para penulis yang luar biasa ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Waduh keren sekali tulisannya mbak SELAMAT YA Mbak....saya guru Bk juga dari sumatra

28 Mar
Balas

Tantangangurusiana cukup, nulisx lanjut....

22 Mar
Balas

Betul sekali bu... Mangat...

23 Mar

Bew In sedih e kak desi mace e..Ngape in..

21 Mar
Balas

Jadilah ka haa biarlah cuma sampai 60 wkwk.. Kini mun misal nak nulis pun tinggal nulis agik hii

23 Mar



search

New Post