Indrya Fitri

Seorang ibu muda yang berprofesi sebagai pedidik dan juga memiliki peri kecil mungil yang berusia hampir 3 tahun. Aktivitas sehari-hari tidak jauh-jauh dari lin...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ngaso (24 Jam Bersamamu)
Tantangan hari ke-47

Ngaso (24 Jam Bersamamu)

Tantangan Hari ke-47

#Tantangangurusiana

Banyak hal yang ingin dituliskan namun ketika akan dituliskan selalu saja tiba-tiba ide-ide yang tadinya hilir mudik dikepalaku tiba-tiba lenyap entah kemana. Dikarenakan hari sabtu dan minggu diberikan kesempatan untuk menulis dalam bahasa daerah, aku pun berpikir keras apa yang akan ide apa yang akan aku tuangkan dalam bentuk tulisan dan akhirnya aku akan bercerita sedikit tentang aktivitas di hari libur dengan si buah hati yang pastinya menyenangkan.

Waktu perai rajin dimanfaatkan urang-urang terutame yang la bekeluarge idang nganyaw kan keluarge ataupun galer-galer bang rumah. Sebagai umak-umak pekerje pasti waktu idang keluarge teputong karne hari-hari lainnye sebagian waktunye dihabiskan ditempat kereje. Nah, waktu perai inilah idang ngembalas waktu nok dipakai untuk kereje idang bekumpul kan keluarge ape agik kan anak. Kadang tek jadi serba salah muji senin sampai jumat la dipakai idang begawe, akhirnye ade waktu sure kan malam idang anak kan keluarge. Tapi tek name jak pilihan hidup jadi dijalaneklah.

Perai dua ari ne agak spesial sikit bagi kamek terutame idang nok kecik, muji ade bapaknye balik jadi dye ade nok ngawanek nganyaw kan bemain selain kan umaknye. Hari jumat pagi bapaknye la nyampai di Belitong, dak timpo jumat sure la nganyaw kamek begite tek umak, bapak kan anak. Untongnye ade tempat wisata nok dekat dari rumah jadi dak sikok dua tige ngingkol mutor cuss ke pantai wisata dekat rumah. Pukoknye mun perai to kiape carenye biar 24 jam same-same kan anak biar anak tek dekat jua kan diri. Jadi mun perai waktunye ngaso mun ade gawe dari sekulah tinggalek dulu.

Hari sabtu ngasonye lebih seru agik, ukan base ape muji ari perai jadi dari pagi pas anak muka mate sampai malam pas anak mejamek mate kan diri. Inilah saatnye 24 jam tek ngaso anak biar die lebih dekat kan umak kan bapaknye jua. Berhubung bapaknye ade balik tek dari pagi bapaknye nulongek ngaso jua. Sesekali mumpung bapaknye ade balik dua tige ari ne sebelum ngulak pulak ke Jakarta. Ngaso pun belanjut ke malam pulak. Karne malam minggu jadi dimanfaatkan seagik-agik idang mutar-mutarek kute ke atau nongkrong sambil ngeliat urang lalu lalang. Malam minggu ne ngasonye diluar rumah, jadi anak tek dibawa ke tempat nok ade area bemain anak-anak biar die senang sikit diajak nganyaw mumpung ade bapaknye tek. Anaknye bemain odong-odong, umak kan bapaknye dudok manis ngeliatek sambil nule kiri kanan ngeliatek urang-urang la ramai ngumpul idang ngabisek malam minggu.

Lanjut pulak hari minggu, nah ini ngasonye ke pantai pulak muji mum minggu pagi pastilah nganyawnye ke pantai dekat rumah. Pantai itu ukan sembarang pantai tapi pantai dengan paket komplit muji tek ade urang jual makanan, pemaian biak kecik banyak, nyaman idang urang olahraga jadi tiap minggu gawe ke situlah. Name pantainye pantai tanjongpendam dapatlah di tanya kan mbah google mun dak tau. Nok name anak tek nak naik odong-odong pulak akhirnye ngaso pulak umak kan bapaknye di depan odong-odong. Jadi mun weekend khusus waktu tuk anaklah mun dapat jadi die dak ngerase kehilangan umak kan bapaknye muji sibuk begawe atau kereja. Sekian cerite ngaso hari ini. Walau dak jelas tapi mudah-mudahan nok mace ngerti. Selamat membaca dan selalu cintai budaya dan bahasa daerah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Anak adalah segalanya...jd manfaatkan waktunyg ada tuk sll bersama

08 Mar
Balas

Benul.. Benar dan betul.. Mumpung dye agik nak main kan kite hee

09 Mar

Ngaso, kegiatan wajib sabtu minggu.

09 Mar
Balas

Yups.. Dak kuang ditawar2 hee

09 Mar



search

New Post