Iqbal Anas

Kepala Sekolah SDIT Adzkia Bukittinggi Sumatera Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Malam Ini Adalah Malam Lailatul Qadar

Malam Ini Adalah Malam Lailatul Qadar

Alhamdulillah kita bersyukur kepada Allah SWT karena sudah memberikan kita kesempatan dan kesehatan bisa memasuki dan bertemu Ramadhan 1441 H. Bahkan sampai hari ke dua puluh hari ini. Semoga Allah kuatkan kita dan berikan kemudahan dalam melaksanakan amal ibadah dibulan yang penuh kemuliaan ini. Serta bisa mendapatkan malam lailatul qadar.

Kenapa kita harus memburu malam lailatul qadar. Karena Allah sendiri yang mengatakan itu dalam Al Qur’an dalam Surat Al-Qadr ayat 1 sampai 5. Malam yang ketika kita beribadah didalamnya, maka itu lebih baik dari seribu bulan. Lebih kurang 83 tahun. Suatu waktu yang sangat luar biasa dan panjang.

Malam ini adalah malam ke dua puluh satu Ramadhan 1441 H. Rasulullah SAW pernah bersabda : “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan”.Artinya malam ini (bisa jadi) adalah malam lailatul qadar. Lantas apalagi keistimewaan malam lailatul qadar? Mari kita simak hadits berikut ini: Hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda,“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901)

Apa saja amalan yang bisa kita lakukan dimalam lailatul qadar? Banyak amalan yang bisa kita lakukan. Bisa dengan memperbanyak dzikir (mengingat Allah), perbanyak doa dan istighfar. Meminta ampunan kepada Allah SWT atas dosa dan kesalahan kita. Mungkin saja Covid-19 ini adalah ujian, atau juga teguran atau bisa jadi musibah bagi kita karena banyaknya dosa dan kesalahan kita. Malam ini mari kita minta ampunan Allah SWT. Kita sadari kesalahan-kesalahan kita baik yang disengaja ataupun yang tidak. Kita menyesal atas semua dosa yang pernah dilakukan.

Dari Aisyah yang berkata, “Saya bertanya kepada Rasulullah, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana menurutmu jika saya mendapati malam lailatul Qadar, apa yang harus aku baca?’ Rasulullah bersabda, ‘Bacalah: Allahumma innaka ‘afuwwun kariimun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku).’” (HR. Al-Tirmidzi)

Semoga Allah segera mengangkat dan membersihkan negeri kita dari virus Covid-19. Semoga Allah hilangkan segala marabahaya dari permukaan bumi ini dan dari negeri kita ini. Tentu harapan kita bisa kembali beraktifitas secara normal kembali, kembali pergi kesekolah, kembali bisa bertemu siswa-siswa kita, kembali bisa mengajar dan mendengar canda tawa mereka, kembali bekerja dikantor-kantor kita, dan kembali beribadah ke masjid-masjid.

Wallahu’alam bissowab

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga kita bisa bertemu dengan malam seribu malam

14 May
Balas

Aamiin

15 May



search

New Post