Ira Amita Nasution

Belajar mengenal diri sendiri dan orang lain,Belajar dari kesalahan,karena setiap manusia tidak ada yang sempurna.Maju terus pantang Mundur....

Selengkapnya
Navigasi Web
Kelas bersama kita For Teachers Tema  Menyusun RPP Merdeka Belajar
Kelas bersama kita For Teachers “Tema : Menyusun RPP Merdeka Belajar

Kelas bersama kita For Teachers Tema Menyusun RPP Merdeka Belajar

#TaGurHariKe-38

#Menuliskan Kembali agar menjadi ilmu yang melekat dan bisa di terapkan

Jumat, Tanggal 5 Juni 2020 saya mengkuti Seminar yang di pandu oleh “Kelas bersama kita For Teachers “ yang dibawah naungan dari perpustakaan kemendikbud bekerja sama sama Nara sumber Dr.Lis Suryatini, M.Ag ( Pengawas sekolah, Penulis Buku, Instruktur nasional Dinas Pendidikan Bandung )

Tema : Menyusun RPP Merdeka Belajar

Di bawah ini akan akan Ulas kembali penjelasan dari Nara sumber Ibu Dr. Lis Suryatini,.Yuk Kita baca dulu,….

Latar Belakang

Permendikbud No. 22 Tahun 2016:

Standar Proses merupakan kriteria mengenai pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan. Pembelajaran yang baik apabila penerapannya dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa.

#

Menurut Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019

Penyusunan RPP berprinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid Dari 13 Komponen RPP ( Permendikbud 22/ 2016) diambil komponen intinya yang wajib dilaksanakan oleh guru, yaitu tujuan pembelajaran, langkah ( kegiatan ) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran ( assessment), sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, KKG/MGMP, dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar – sebesarnya keberhasilan belajar murid. RPP yang telah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula di sesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dalam SE no 14 th 2019

#

APA ESENSI DARI RPP?

RPP merupakan sebuah dokumen yang dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran Dengan RPP yang baik, guru akan mampu melihat capaian tujuan RPP digunakan sebagai bahan refleksi. Apa yang tertulis pada RPP harus dijalankan di dalam proses pembelajaran.

#

Prinsip Penyusunan RPP

Perbedaan individual siwa Partisipasi aktif siswa Berpusat pada siswa Pengembangan budaya membaca dan menulis Pemberian umpan balik dan tindak lanjut Keterpaduan antara KD, IPK, Materi kegiatan, Penilaian, dan sumber belajar Mengakomodasi pembelajaran yang terpadu Penerapan teknologi informasi dan komunikasi

#

Pentingnya memahami Esensi Penyederhanaan RPP

Pemahaman yang baik berpengaruh pada kinerja yang baik dan benar Pemahaman yang bias, akan muncul kebingungan, kembali pada pembelajaran yang tidak memerdekakan Akibatnya siwa tidak antusiasme, memaksakan kehendak guru, kembali copy paste

#

Alur RPP mengarah kepada

SK dan KD Silabus RPP

7 Langkah Menyusun RPP

Mengisi Kolom Identitas Menentukan alokasi waktu Menentukan KI dan KD Merumuskan IPK sesuai KI dan KD Merumuskan tujuan pembelajaran Merumuskan langkah pembelajaran Menyusun penilaian pembelajaran

#

Alur Pengembangan Indikator

Menganalisis Tingkat Kompetensi dalam KI dan KD Menganalisi karakteristik Mata Pelajaran, Peserta Didik, dan Sekolah Menganalisis Kebutuhan dan Potensi

#

Ketentuan Merumuskan Indikator

Indikator dirumuskan dari KD Indikator Menggambarkan Hirarki Kompetensi Menggunakan KKO Simple, jelas dan mudah dipahami Tidak bermakna ganda Hanya mengandung satu tindakan dan satu materi Memperhatikan karakteristik mata pelajaran, siswa, dan lingkungan Rumusan indicator dapat dikembangkan menjadi beberapa indicator penilaian

#

Rumusan Tujuan

1. Learner Oriented yang berpatokan kepada perilaku siswa bukan perilaku guru

2. Operational yang berpatokan pada Rumusan tujuan harus dibuat secara spesifik dan operasional

3. Formula ABCD ( Adience, Behaviour, Conditioning, Degree) yang bertujuan pembelajaran yang baik adalah mengandung unsur Adience,Behaviour,Conditioning,Degree

#

Merumuskan langkah Pembelajarn

Kegiatan Pembelajaran meliputi Kegiatan Pendahuluan, Kegiatan Inti, Kegiatan Penutup.

#

Menyusun Penilaian Pembelajaran

Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Soal dan Kunci Jawaban Kriteria Penilaian

Semoga Saling Berbagi Ilmu mendapat manfaatnya.

Tebing Tinggi, 7 Juni 2020

# Salam Literasi

Ira amita Nasution,S.Pd

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap bu

07 Jun
Balas

Terima kasih bunda.salam.kenal

07 Jun

Info yg sangat bermanfaat mksh Bu ira

07 Jun
Balas

Terima kasih bunda evi sayang.

07 Jun



search

New Post