Irmawani Lumban Gaol

Seorang Guru dan juga seorang ibu. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

AMARAH

Amarah

Ketika seseorang merasa keinginannya tidak terpenuhi maka ia akan marah. Banyak sekali keinginan hati manusia apabila dimaui. Saat seperti inilah kita harus bisa menahan diri dan bersabar untuk mengendalikan nafsu. Banyak sekali keinginan-keinginan, baik secara jasmani ataupun pangan dan sandang.

Manusia memang diciptakan dengan akal dan budinya sehingga ia bisa membedakan mana yang harus mana yang paling penting. Bagi sebagian orang hal itu sangat hati-hati namun sebagian orang tersebut tidak bisa memegang duit. Ketika ada uang di tangannya maka semua hal akan muncul dibenaknya untuk menghabiskan uang tersebut.

Awalnya adalah hal-hal yang kecil tapi kalau dibiarkan terus menerus, maka keinginan tersebut akan semakin menjadi jadi. Sehingga ada istilah ‘cewek matre, cowok matre’ dan lainnya.

Manusia tidak dilahirkan seperti itu tapi lingkungan keluarga sangat mempengaruhinya. Apabila sedari kecil seorang anak selalu diberikan apa yang dimintanya maka sampai besar ia akan mempunyai sifat seperti itu. apabila tidak dituruti maka ia akan ngambek atau berontak. Untuk itu sebagai orang tua tentu harus hati-hati dan sadar betul ketika anak kecil meminta sesuatu. Kadang yang diminta adalah bukan sesuatu hal yang mahal sehingga orangtuanya akan segera memberikannya. Alasan yang paling klasik adalah ‘supaya tidak menangis’ maka si orang tua akan memberikan apapun bagi anaknya.

Kenapa seseorang mempunyai sifat pemarah. Tentu ada banyak sebabnya. Bisa jadi ia sangat sering dimarahi, bisa juga karena sering melihat orang marah-marah. Kebiasaan yang dilakukan sehari-hari akan menjadi sifat seseorang. Kalau seseorang marah karena sering melihat orang marah tentu akan mudah merubahnya menjadi tidak pemarah. Tapi apabila seseorang suka marah karena keinginannya tidak terpenuhi maka ini sangat susah untuk dirubah kecuali kesadaran orang tersebut.

Tidak ada obat untuk mengobati hati yang sedang dipenuhi amarah. Kata orang bijak, kelemah lembutan akan memadamkan amarah. Tentu ini sangat benar. Kadang orang yang marah akan merasa malu apabila dijawan dengan lemah lembut serta ikhlas.

Ada juga seseorang yang pekerjaanya memang untuk marah-marah. Apabila ia tidak marah kemungkinan besar ia sudah pension atau sudah ‘meninggal’.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kata orang bijak, kelemah lembutan akan memadamkan amarah. Keren ulasannya

23 Jan
Balas

Terimakasih Bunda

24 Jan

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

23 Jan
Balas

Terimakasih Bunda

24 Jan

Mantap bu... Salam kenal...salam literasi

23 Jan
Balas

Terimakasih bunda. Salam kenal

24 Jan



search

New Post