irwansyah

Lahir Di Medan, Besar Di Langsa Nangroe Aceh Darussalam, Tinggal di Rambatan Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera barat Lulusan Jurusan Pendidikan Seni Rupa ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Pembekalan OPSI Pertemuan Kedua MKKS SMP Tanah Datar

Pertemuan kedua pembekalan OPSI SMP Tanah datar yang dilaksanakan minggu 20/1/2019 di UPT SMP Negeri 2 Batusangkar, mulai mengarahkan peserta kepada permasalahan yang akan diangkat untuk menjadi bahan penelitian oleh para siswa dan Guru peserta pembekalan. Para narasumber Drs. Nursaid, M.Pd (dosen UNP), Drs. Indra jaya, M.Pd (Penulis) dan Dra. Zahratyil Husna, M.Pd (guru SMP dan Pembimbing OPSI) mengarahkan peserta untuk mengangkat permasalahan-permasalahan yang terkini pada dunia pendidikan yang berhubungan langsung dengan siswa.

Pada pertemuan sebelumnya narasumber telah mengarahkan peserta untuk mencari beberapa kemungkinan topik judul yang akan di teliti. Tema yang ditetapkan secara nasional pada kegiatan Oliampiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) ini adalah Bidang Ilmu Sosial, Kemanusiaan dan Seni; Bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan; dan Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa.

Sesi pertama kegiatan dilaksanakan secara umum dengan memeberikan motivasi, serta gambaran struktur pada Bab I pendahuluan. Dimana latar belakang masalah, identifikasi masalah dan tujuan penelitian ditetapkan oleh peserta. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi perorangan yang langsung didampingi oleh narasumber. Diskusi dilaksanakan untuk mempertajam permasalahan yang diteliti oleh peserta, sehingga lebih sesuai dengan apa yang diinginkan oleh tema penelitian. Dengan didampingi oleh guru pembimbing dan narasumber siswa berdiskusi dengan serius tentang objek penelitiannya masing-masing.

Pada akhir sesi dilaksanakan penguatan lebih lanjut oleh para narasumber dan cara pencarian referensi dari jurnal internasional maupun jurnal nasional yang berhubungan dengan objek penelitian masing-masing peserta. Kegiatan pun diakhiri dengan memberikan tugas untuk menyelesaikan Bab I. Diharapkan pada pertemuan berikutnya yang direncanakan pada sabtu 26/1/2019 di UPT SMP Negeri 2 Tanjung Emas peserta sudah menyelesaikannya.

Dari awal sampai akhir pertemuan peserta nampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Terlihat dengan keseriusan peserta dalam memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada nasumber.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post