Irwansyah Saragih

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
KENAPA SINGAPURA MAJU?
always keep the best smile, photo with marina by sands' background

KENAPA SINGAPURA MAJU?

Oleh : Irwansyah Saragih

Guru SMP IT ANNUR Cikarang Timur

Berbicara tentang negara Singapura tentunya hal pertama yang terlintas di benak kita adalah patung singa. Ya, patung singa yang disebut Merlion itu merupakan icon Singapura yang telah mendunia. Namun, seiring berjalannya waktu keunikan patung singa sedikit tergeser dengan keberadaan bangunan-bangunan megah dan arsitektur yang menjamur di Singapura.

Marina By Sands adalah salah satu icon baru Singapura. Bangunan dengan tiga gedung utama, bagian atasnya saling terhubung dan membentuk bangunan baru dengan design kapal pesiar menjulang tinggi dan megah di angkasa. Seolah-olah ingin menunjukkan kepada dunia, inilah Singapura, negara kecil yang maju dan mendunia.

Ada pertanyaan menarik dari panitia yang diberikan kepada kami, peserta Enterpreneurship Educational Journey ( EEJ ), jaringan sekolah Islam terpadu, Kabupaten Bekasi, yang berkunjung ke Singapura pada 9-11 Mei 2017. Kenapa negara Singapura bisa maju?Jika suatu saat nanti kamu memiliki kesempatan menjadi pemimpin di Indonesia, langkah apa yang akan kamu lakukan agar dapat membuat Indonesia menjadi negara maju.

Hmm... pertanyaan yang sangat luar biasa dan saya pun tertantang untuk membahasnya.

Pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat, kemajuan teknologi yang semakin canggih dan standart mutu pendidikan yang semakin hari semakin membaik, menjadikan Singapura sangat pantas dinyatakan sebagai negara terbaik pertama di Asia Tenggara. Ini terbukti bahwa Singapura merupakan salah satu kekuatan bisnis dunia, Kecanggihan dan pelayananan transportasi umumnya menjadi yang terbaik pertama di seluruh dunia dan negara ini menjadi salah satu tujuan terbesar pelajar dari penjuru dunia untuk melanjutkan studynya.

Lalu, pertanyaannya kenapa Singapura dapat menjadi negara maju seperti saat ini? Jawaban nya sederhana karena Perniagaan. Ya...sejak awal, ketika negara ini ditemukan pada tahun 11 M lalu, oleh Pangeran Sang Nila Utama, beliau sudah memfokuskan negara kepulauan ini dalam perniagaan. Ini didasari oleh kondisi negara Singapura yang sangat strategis. Sangat dekat dengan laut sehingga menjadikan sebagai besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Berawal dari sinilah, nelayan-nelayan Singapura saling terhubung dengan nelayan dari berbagai negara sehingga pemerintah Singapura kemudian mengembangkan pelabuhan-pelabuhannya, sehingga perdagangan antar negara semakin lancar dan dilirik dunia. Saat ini pelabuhan di Singapura merupakan salah satu pelabuhan yang paling sibuk di seluruh dunia. Perlu kita ingat pesan Rasulullah Muhammad SAW, Jika ingin kaya raya makan berniagalah. Mungkin pesan inilah yang menjadi pedoman bagi warga Singapura untuk senantiasa berniaga dalam melanjutkan hidup.

Lantas, jika jadi pemimpin apa yang akan saya lakukan untuk kemajuan bangsa Indonesia. Saya akan jawab perbaikilah sistim pendidikannya. Ya... Pendidikan adalah kunci utama agar Indonesia bisa maju. Indonesia jauh lebih kaya Sumber Daya Alamnya dibandingkan Singapura. Untuk itu pemerintah butuh lebih konsentrasi pada pendidikan anak bangsa. Pendidikan gratis, tunjangan beasiswa, kurikulum yang stabil, kesejahteraan guru dan peningkatan prasarana pendidikan adalah hal yang paling utama. Kemudian yang terpenting adalah pendidikan Character building (mentoring), kita tidak mau ketika nanti Indonesia maju tapi tidak mempunyai karakter. berharap bangsa Indonesia maju tapi tetap menjaga tradisi budaya ketimuran. Tidak kebablasan, seperti yang kita lihat ketika berkunjung ke Singapura. Norma ketimuran sudah punah disini ditelan kemajuan zaman.

Contoh kegiatan EEJ yang digalakkan oleh JSIT merupakan salah satu langkah awal agar anak Didik Indonesia lebih terbuka cakrawalanya dan terpacu semangatnya dalam belajar, sehingga suatu saat dapat membawa Indonesia menjadi sang juara.

Diakhir perlu saya sampaikan bahwa kemajuan Singapura bukanlah proses yang instant. Mereka juga berjuang terlebih dahulu agar dapat mencapai puncak seperti saat ini. Mentaati peraturan, dispilin dan selalu giat bekerja kuncinya.

Untuk itu, agar Indonesia juga dapat maju perlu penerapan peraturan yang jelas dari semua pihak. Indonesia yang merupakan negara hukum saat ini belum menunjukkan aturan hukum yang jelas. Masih banyak ketidakseimbangan hukum di negara ini. Jadi, kalo bangsa Indonesia mau maju, maka harus menetawpkan hukumnya dengan seadil-adilnya. Seperti yang tertuang dalam sila kelima Pancasila yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sepakat dengan kalimat, "Perbaikilah sistim pendidikannya." Bravo Pak Irwan teman saya di MWC II.

13 May
Balas

bravo pak Yudha

16 Sep

Sy setuju sekali jk ingin menjadi negara maju maka pendidikan yang berkarakter harus berkembang baik. Jika pola sumber daya manusianya baik, pola pikir akan baik juga

13 May
Balas

sepakat Bu

16 Sep



search

New Post