Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web
7 Hal yang Akan Diedit
Tagur hari ke-1085

7 Hal yang Akan Diedit

7 Hal yang akan Diedit

Agar tulisan tidak sampai salah dimaknai pembaca, maka seorang penulis harus memperhatikan tulisannya sebelum diserahkan pada pembaca. Penulis harus membaca ulang tulisannya, bila menemukan kesalahan, maka ia akan langsung memperbaikinya. Lebih tepatnya, penulis harus melakukan editing terhadap tulisannya sendiri, meskipun ada editing yang nantinya mengurasi.

Pentingnya seorang penulis melakukan editing, karena berkaitan erat dengan pesan yang akan disampaikan oleh penulis itu sendiri. Ada banyak hal dari sebuah tulisan yang akan diperhatikan. Pada tulisan ini, saya akan mengulas 7 macam saja yang akan diedit oleh penulis, yaitu :

Pertama, mengedit konten atau isi tulisan.

Seorang penulis harus memperhatikan pesan yang ingin dituangkan dalam tulisan, apakah yang ditulis sesuai dengan pesan yang diinginkan atau tidak. Jangan sampai menimbulkan bias persepsi karena pemilihan kata yang tidak sesuai. Dan jangan sampai karena lupa menulis sebuah kata, seperti kata “tidak” pesan diterima oleh Pembaca, bertolak belakang dengan apa yang ingin disampaikan. Misalnya penulis ingin menyatakan tidak sah, tapi karena lupa mengetik kata “tidak,” pesan disampaikan menjadi salah.

Kedua, mengedit gaya bahasa.

Seorang penulis harus bisa mengedit gaya bahasa yang digunakan, dengan tujuan, agar keserasian dan kesesuaian antara bagian dari tulisan itu menyatu. Jangan sampai bagian pada bagian depan bergaya formal, kemudian bagian belakangnya, bertutur.

Ketiga, mengedit kosa kata.

Penulis harus menghindari tulisannya dari kosakata tertentu yang berulang, karena akan bisa menimbulkan kejenuhan Si Pembaca. Kalau bisa, penulis harus mencari kosa kata yang hampir sama atau sinonim.

Keempat, Mengedit paragraph.

Pentingnya mengedit paragraph agar tulasan yang terbentuk berada dalam satu kesatuan makna. Kemudian antara paragraph yang satu dengan yang lain ada keserasiannya.

Mengedit paragraph juga diperlukan agar tulisan terlalu yang terlalu panjang (lebih dari 10 baris) bisa dibagi menjadi dua atau tiga paragraph. Hal ini bertujuan untuk memberikan jeda kepada pembaca agar tidak membosankan.

Kelima, mengedit sistematika. Hal ini dilakukan, untuk memeriksa, apakah antara bagian tulisan sudah menyambung.

Keenam, mengedit tanda baca, diperlukan karena akan berbeda maknanya bila tanda baca tidak sesuai dengan maksud tulisan.

Ketujuh, edit akhir atau keseluruhan maksudnya membaca ulang dan memastikan tulisan untuk melihat kalau masih ada kesalahan. Biasanya edit keseluaurhan ini dikerjakan oleh tim editor buku.

Dari tujuh jenis atau bagian yang diedit terlihat kegiatan mengedit itu terkadang lebih sulit dari menulis. Menulis tidak perlu berfikir, mengalir seperti bernafas, sedangkan mengedit perlu berfikir, teliti, dah penuh kehati-hatian. Jadi sejatinya, seseorang penulis yang baik itu harus melakukan pengeditan terlebih dahulu sebelum diserahkan pada tim editor.

Demikian, semoga bermanfaat

Pariaman, 16 Januari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren dan sangat bermanfaat Pak Ir

16 Jan
Balas



search

New Post