Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jalan Terang Penggiat Literasi Kota Pariaman
Tagur 1082

Jalan Terang Penggiat Literasi Kota Pariaman

Jalan Terang Penggiat Literasi Kota Pariaman

Benar-benar terbudur semangat Penggiat Literasi Kota Pariaman. Setelah mengikuti Temu Nasional Guru Penulis (TNGP) pada bulan November 2022 di Jakarta dan TOT Fasilitator Daerah (FASDA) Literasi bulan Desember 2022 di Kota Bukittinggi, pulangnya mereka langsung bereaksi. Mereka mulai dengan membuat 11 macam Resolusi Literasi, untuk dijalankan di Tahun 2023.

Satu persatu resolusi mereka realisasikan. Realiasasi pertama, mereka mengadakan pertemuan setiap bulannya. Alhamdulillah, tanggal 6 Januari 2023, mereka telah berkumpul di Café Dualafun, yang mereka jadikan posko, membicarakan langkah kerja dalam menuntaskan resolusi 2023. Hasil pertemuan mereka tulis di blog grurusiana, dengan gaya menulis masing-masing yang mereka punya.

Mereka juga membicarakan, bagaimana bisa dalam waktu dekat menghasilkan karya tulis berupa buku solo. Salah satu cara yang mereka gunakan, memaksa setiap anggota yang memiliki KTI untuk dijadikan buku dan sesama anggota saling membantu, untuk sesegera mungkin mengubaah KTI-nya menjadi buku.

Sementara itu, rencana berkolaborasi membuat buku antologi tempat-tempat bersejarah di Kota Pariaman, menulis setiap hari tanpa jeda, ikut lomba menulis yang diadakan gurusiana dan atau nobaper, tetap terus dilanjutkan. Saling menyemangati dalam mengekplorasi diri, itu yang rutin mereka lakukan.

Untuk Program kerja Fasda, anggota proaktif menemukan cara, bagaimana membumikan literasi di Kota Pariaman. Sebagai langkah awal, mereka meminang Duta Literasi, untuk menepati salah satu posisi di kepengurusan organisasi yang mereka namakan Ikatan Penulis Pendidik (IPP) Kota Pariaman.

Tidak sampai menghitung hari, Duta Literasi yang dijabat oleh DR.dr. Lucyanel Arlym yang akrab disapa dengan Bunda Lucy langsung mengapresiasi. Bunda Lucy yang merupakan Ibu Walikota Pariaman langsung mengundang para penggiat literasi untuk bertemu ramah di kediamannya di Balairuang Walikota Pariaman, pada Hari Selasa, 11 Januari 2022. Tanpa basa basi, ia langsung menyatakan siap berkontribusi untuk mewujudkan literasi resolusi Penggiat LIterasi Kota Pariaman.

Apresiasi yang luar biasa dari Bu Lucy. Bahkan ia langsung mengosongkan jadwalnya, yang begitu padat, untuk IPP Kota Pariaamn mengadakan pelatihan menulis. Bahkan Bu Lucy bersama Pak Jenius Umar (Wali kota Pariaman) menyatakan kesediaannya, masing-masing menulis satu buku, sebagai produk dari pelatihan. Beliau juga berjanji, akan hadir pada pertemuan penulis yang rutin diadakan sekali dalam sebulan.

Alhamdulillah, jalan terang Penulis Pariaman telah terbentang. Tinggal kesungguhan dan takdir yang akan menentukan. Isnyallah dalam waktu dekat, IPP Kota Pariaman akan membentuk panitia pelaksana kegiatan Pelatihan Menulis dan siap mengundang para penulis dan calon penulis datang ke Pariaman untuk mengikuti pelatihan. Insyaallah.

Pariaman, 12 Januari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga sukses

12 Jan
Balas

Siap berkontribusi untuk terus berkarya dan saling berkoordinasi memajukan literasi

12 Jan
Balas



search

New Post