Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web
Judul Untuk Sebuah Artikel Ilmiah Populer
Tagur Hari Ke-1091

Judul Untuk Sebuah Artikel Ilmiah Populer

Menulis Artikel Ilmiah Populer

Antara artikel ilmiah murni dengan artikel populer ilmiah, terdapat artikel ilmiah popular. Gaya tulisan artikel ilmiah populer disampaikan dengan gaya populer.

Kita bisa mengubah tulisan menjadi artikel ilmiah popular dengan cara mengubah istilah pada tulisan ke istilah yang lebih popular, tidak kaku dengan sistematika. Tulisan lebih mengalir, bertutur, dan lebih dipahami oleh umum.atau masyarakat luas.

Tulisan memiliki sistematika, tapi tidak seketat ilmu murni. Sistimatikanya sederhana, tidak mengharuskan adanya hipotesa, dan tidak mengharuskan adanya rujukan. Sistimatika Artikel Ilmiah Populer terdiri dari 5 (lima) bagian, yaitu judul, pendahuluan, isi, penutup, dan lampiran. Secara rinci akan dibahas masing-masing bagian.

Judul dibuat sebagai daya tarik, melihat tema, memberi identitas tullisan sehingga orang lain punya keinginan untuk membaca. Cara membuat judul ilmiah populer yang menarik:

(1) buatlah judul menggunakan angka, seperti Lima Ciri Daya Tarik dalam Mengajar, Tiga Bulan di Lhoksmawe, Lima Menit Mencari solusi, dan lain-lain,

(2) Judul mengungkapkan rahasia atau keajaiban, contoh Rahasia Bangun Pagi, Malam Pertama di Alam Kubur, Tips Agar Awet Muda.

(3) Judul memberikan mimpi indah, contoh Menjadi Milianer dari FB, Lima jurus Memikat Siswa dalam Pembelajaran, Trik Khusus Pandai Menulis Seperti Bernafas. Judul yang bombastis harus bertanggung jawab terhadap isi.

(4) Judul menarik apabila berupa pertanyaan, contonya, Ingin selamat dunia akhirat? Bagaimana supaya mudah belajar Matematika?

(5) Judul Bercorak sensasional, ada kaitan dengan kekinian. Ada apa dengan First Travel? Yang Unik dari Mas Mentri. Contohnya : The Power of Kepepet, Young Menong Pulang Kampung, Demam Pencarian Bakat .Prinsip dalam membuat judul adalah adanya kebermanfaatan.

Pariaman, 22 Januari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post