Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menentukan Judul Buku dari KTI
Tagur hari ke-1080

Menentukan Judul Buku dari KTI

Mengonversi Judul KTI menjadi Judul Buku

Sebagai langkah awal dari mengkonversikan KTI menjadi buku, kita bisa memulainya dari menelaah judul dan daftar isi. Ubahlah judul KTI yang awalnya menggambarkan ciri dari sebuah penelitian menjadi judul buku yang menarik, kemudian beralih pada daftar isi KTI.

Untuk menentukan judul dari buku, kita usahakan judul mempunyai daya tarik, tema, identitas tulisan, sehingga orang-orang punya keinginan untuk membaca. Ada beberapa pilihan penulis untuk menentukan judul buku yang berasal dari KTI, layaknya buku ilmiah popular.

1. Judul menggunakan kata-kata angka, seperti seperti Lima Ciri Daya Tarik dalam Mengajar, Tiga Malam di Jakarta, Lima Menit Mencari solusi, dan lain-lain.

2. Judul mengungkapkan rahasia atau keajaiban, misalnya Rahasia Bangun Pagi, Malam Pertama di Alam Kubur, Tips Agar Awet Muda.

3. Judulkan memberikan mimpi indah, misalnya contoh Menjadi Milianer dari Youtube, Lima jurus Memikat Siswa dalam Pembelajaran, Trik Khusus Pandai Menulis Seperti Bernafas.

4. Judul yang bombastis harus bertanggung jawab terhadap isi.

5. Judul menarik apabila berupa pertanyaan, seperti Ingin selamat dunia akhirat?,Bagaimana supaya mudah belajar Matematika?

6. Judul bercorak sensasional, ada kaitan dengan kekinian. Misalnya, Ada apa dengan Josua? Yang Unik dari Sidangnya Samboo.

7. Judul-judul unik, Seperti The Power of Kopekso, Young Menong Pulang Kampung, Demam Pencarian Bakat, dan sebagainya.

Prinsip dalam membuat judul adalah adanyakebermanfaatan.

Sebagai contoh, sebuah judul KTI berbentuk PTK, Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa Kelas XII IPA.2 MAN Kota Pariaman Tahun Pelajarang 2020/2021 dengan Pembelajaran Aktif Pertukaran Pendapat Tiga Orang,

Sesuai dengan jenis penelitiannya, judul tersebut menggambarkan perlakuan sipeneliti berupa usahanya dengan menggunakan strategi pembelajaran yang diberikan pada sebuah kelas yang bermasalah pada dua jenis kemampuan matematika. Tentunya hasil dari penelitian bisa kita perkirakan akan ada peningkatan.

Untuk mengonversikannya menjadi judul buku, upaya tersebut tidak perlu lagi dijadikan judul, cukup pada strategi pembelajannya.Biar lebih keren, kita bisa menggunakan bahasa asing yang membuat pembaca penasaran. Kita bisa mengkonversikan judul KTI tersebut menjadi Rotating Trio Of Change dalam Pembelajaran Matematika, sebagai judul bukunya.Cukup singkat dan menarik bukan.

Pariaman, 12 Januari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses selalu, Pak. Salam literasi

11 Jan
Balas

Semakin tertantang mengikuti jejak pak Ir

11 Jan
Balas



search

New Post