Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menulis Artikel
Tagur Hari Ke-1090

Menulis Artikel

Menulis Artikel

Secara garis besar, bentuk tulisan terbagi atas dua golongan, yaitu Fiksi dan Non Fiksi. Perbedaan yang menyolok diantara keduanya adalah basis tulisan. Kalau tulisan fiksi penuh dengan imajinasi walaupun yang ditulis sesuatu yang nyata, sedangkan tulisan non fiksi berbasis pada sesuatu yang nyata dan isinya dapat dibuktikan kebenarannya atau dipertanggungjawabkan.

Artikel ilmiah popular dan artikel ilmiah murni, merupakan contoh dari tulisan non fiksi. Beberapa contoh dari artikel ilmiah murni adalah skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian dan laporan ilmiah.

Ciri utama dari artikel ilmiah murni, adalah:

(1). Punya standar penulisan yang sangat detail,

(2) Sangat ketat dengan aturan dan punya pedoman yang harus dipenuhi.,

(3) Banyak menggunakan istilah akademis dan tekhnis sesuai dengan keilmuanya.

Dengan ciri tersebut maka munculah jurnalnya yang sesuai dengan disipin ilmunya, seperti: Jurnal Hukum, Jurnal Matematika, Jurnal pendidikan, dan lain-lain.

Tulisan pada artikel populer murni cendrung tidak menggunakan aturan baku atau kaidah tertentu. Dalam mengemukakan gagasan, curhat, mengemukakan pikiran memiliki gaya bebas dan cendrung tidak butuh referensi.

Artikel populer ilmiah ditulis sesuai dengan keinginan penulis dalam mengekspresikan gagasan sehingga terdapat corak dan ragam aneka warna tulisan. Untuk mengubah artikel ilmiah murni menjadi artikel popular murni cukup dengan mengurangi penggunakan bahasa akademik.

Antara artikel ilmiah murni dengan artikel populer ilmiah, terdapat artikel ilmiah popular. Gaya tulisan artikel ilmiah populer disampaikan dengan gaya popular. Untuk mengubah tulisan menjadi artikel ilmiah populer cukup dengan mengubah istilah dengan yang lebih popular, jangan kaku dengan sistematika. Tulisan lebih mengalir, bertutur, dan lebih dipahami oleh umum.atau masyarakat luas. Tulisan memiliki sistematika tidak seketat ilmu murni. Sistimatikanya sederhana, tidak mengharuskan adanya hipotesa, dan tidak mengharuskan adanya rujukan.

Pariaman, 21 Januari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post