Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web

Frekuensi Harapan

Frekuensi Harapan

Frekuensi harapan didefenisikan sebagai banyaknya kejadian yang diharapkan dapat terjadi pada suatu percobaan. Jika percobaan dilakukan sebanyak n kali dan peluang kejadian tersebut adalah P(A), maka frekuensi harapan yang dilambangkan dengan F terhadap kejadian adalah hasil kali n dengan peluang terjadinya A atau F = n x P(A).

Sebagai contoh, sebuah dadu dilemparkan 20 kali maka frekuensi harapan munculnya angka genap dalam 20 kali pelemparan adalah 20 x 3/6 = 10. Untuk pelemparan 3 buah koin sebanyak 120 kali, maka frekuensi harapan munculnya dua gambar dan 1 angka adalh 120 x 3/8 = 45.

Contoh lain, sebuah kantong berisi 2 kelereng merah, 8 kelereng biru, dan 5 kelereng putih. Frekuensi harapan terambilnya merah dalam 100 kali pengambilan adalah 100x 2/15 = 50/3.

Demikian semoga bermanfaat!

Pariaman, 8 Maret 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post