Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kisaran Nilai Peluang

Kisaran Nilai Peluang

Misalkan A adalah sebuah kejadian, maka dalam ilmu peluang, Himpunan A merupakan bagian dari ruang sampel (S) dan jumlah seluruh kejadian (n(A)) akan kecil atau sama dengan jumlah dari anggota ruang sampel (n(S)), ditulis n(A) ≤ n(S).

Kita pastinya tahu bahwa jumlah kejadian itu akan selalu besar atau sama dengan nol, sehingga pertaksamaan n(A) ≤ n(S) dapat ditulis menjadi 0≤ n(A) ≤ n(S) dan jika setiap suku dibagi dengan n(S) dan n(A)/n(S)= P(A), maka akan diperoleh 0≤ P(A) ≤ 1. 0≤ P(A) ≤ 1 merupakan kisaran dari nilai peluang. Jadi nilai peluang tersebut berada pada kurung tertutup [0,1] dan dipertegas dengan garis bilangan mulai dari 0 sampai dengan 1. Nilai peluang 0 disebut dengan kemustahilan dan 1 disebut dengan kepastian.

Beberapa contoh nilai peluang 0 atau 1 adalah:

1. Peluang munculnya jumlah mata 13 dari pelemparan 2 buah dadu

2. Peluang munculnya jumlah mata dadu yang kurang dari 13 dari pelemparan 2 buah dadu

3. Peluang terambilnya bola bernomor 6 dari 6 bola yang diberi nomor 1 sampai dengan 5

4. Peluang terambilnya bola bernomor kurang dari 6 dari 6 bola yang diberi nomor 1 sampai dengan 5

5. Peluang seseorang lahir pada tanggal 29 Februari 2001

Demikian semoga bermanfaat

Pariaman 9 Maret 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post