Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web

Menentukan Peluang secar Klasikal

5.028

Memahami Peluang dengan Pendekatan Klasikal

Misalkan dalam sebuah percobaan terdapat n hasil yang mungkin atau n buah kejadian, dimana setiap kejadian mempunyai kesempatan yang sama masing-masingnya. Jika kejadian A bagian dari kejadian yang mungkin dalam percobaan, terjadi sebanyak k kali, maka peluang terjadinya kejadian A, disimbolkan dengan P(A) akan sama dengan hasil bagi k dengan n. Dalam hal ini kita sebut penentuan peluang secara klasikal.

Lebih lanjut penentuan peluang secara klasikal, menggunakan ruang sampel, dimana ruang sampel yang dinotasikan dengan S, merupakan himpuang dari semua kejadian yang mungkin. Untuk menentukan sebuah kejadian, misalnya A, dimana A merupakan bagian atau keseluruhan dari himpunan S, P(A) akan sama dengan hasil bagi antara n(A) dengan n(S). Dimana n(A) merupakan banyaknya kejadian A dan n(S) sama dengan jumlah kejadian yang mungkin atau jumlah titik sampel.

Demikian, semoga bermanfaat

Pariaman, 23 Februari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post