Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web

Menentukan Peluang secara Empirik (2)

5.027

Memahami Peluang Secara Empirik (2)

Penggunaan mata uang logam dalam memahami konsep peluang, menghasilkan nilai 0,5. Hal ini dikarenakan kedua sisi mata uang seimbang. Lalu, bagaimana kalau kita penggunkan benda yang permukaannya tidak seimbang. Apakah akan menghasilkan nilai 0,5 juga? Untuk menjawabnya, kita bisa melakukan percobaan dengan menggunakan paku pines, dimana kedua permukaannya tidak seimbang.

Seperti halnya percobaan dengan menggunakan koin, kita akan buat tabel terlebih dahulu. Tabelnya memuat banyaknya percobaan, frekuensi paku pilihan yang muncul dan nilai frekuensi relatifnya. Kita juga akan tetapkan dari dua permukaannya akan ada hanya satu kejadian yang akan diamati, yaitu posisi paku tertelentang atau miring. Misalnya kita pilih tertelentang.

Pada tabel kita amati nilai pada kolom frekuensi relative. Hasil pengamatan akan menunjukan bahwa kecendrungan nilai tidak mendekati 0,5, akan tetapi pada nilai 0,7. Maka dikatakan kecendrungan dari posisi paku setelah pelemparan adalah 0,7 atau peluangnya sama dengan 0,7.

Percobaan untuk menentukan peluang dari peristiwa pengundian mata uang logam dan paku pines, disebut dengan cara empiric. Secara umum didefinisikan, peluang dari sebuah kejadian adalah limit n menuju tak hingga dari frekuensi relatif.

P(A) = Lim F(A)

Demikian, semoga bermanfaat

Pariaman, 22 Februari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post