Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web

Menentukan Peluang secara Empirik

Memahami Peluang Secara Empirik (1)

Untuk memahami Materi Peluang, kita dapat menggunakan mata uang logam sebagai model pembelajaran. Caranya, dengan melempar (melambungkan) mata uang logam, dan diistilahkan dengan pengundian dalam suatu percobaan. Namun sebelum pengundian, harus dipastikan dulu, bahwa kedua sisi mata uang seimbang, sehingga setiap permukaan memiliki kesempatan yang sama untuk muncul pada setiap kali pengundian.

Dalam percobaan, kita lambungkan uang logam untuk beberapa kali pengundian, kemudian kita amati sisi yang terlihat, gambar atau angka. Karena hanya ada dua kejadian dan kita fokus pada salah satunya.. Misalnya kita pilih, munculnya gambar dalam setiap kali pengundian. Untuk memudahkan melihat hasil pengamatan, kita buat tabel yang memuat banyak percobaan dan frekuensi, serta kecendrungan atau frekuensi relatif dari munculnya gambar.

Pada tabel, kita tentukan banyaknya percobaaan, misalnya 10, 20, 50, 75, dan 100 kali atau n kali percobaan. Dalam setiap n kali percobaan kita catat berapa kali munculnya gambar, yang dinyatakan dengan frekuensi munculnya gambar. Kemudian, kita tentukan frekuensi relatifnya dengan cara menentukan hasil bagi frekuensi dengan banyaknya percobaan, seperti tabel berikut.

Dari tabel terlihat nilai kecendrungan atau atau frekuensi relatif menuju nilai 0,5. Dan apabila pengamatan kita buat untuk beberapa kali percobaan lagi makan akan teramati nilai dari frekuensi relative akan semakain dekat dengan nilai 0,5, atau limit frekuensi relating untuk banyak n percobaan mendekati tak hingga, dinamakan peluang munculnya gambar. Hal ini ditulis dengan P(g)=0,5, dimana g adalah kejadian munculnya gambar pada pengundian mata uang logam, dengan kedua sisinya seimbang.

Demikian, semoga bermanfaat

Pariaman, 21 Februari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post