Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web

Menentukan Ruang Sampel (2)

5.025

Menentukan Ruang Sampel dari Suatu Percobaan (2)

Sebuah tas koper berisi uang dilengkapi dengan kunci pengaan yang terdiri atas 4 digit. Digit dari kunci pengaman terbentuk dari angka 0 sampai dengan 9. Berapa banyak pilihan untuk membuat kunci pengaman?

Masalah ini bisa dikaji dalam mempelajari ruang sampel. Kita bisa mengajak siswa menentukan 4 digit yang mungkin. Ada kemungkinan siswa akan menjawab dengan mengurutkan angkat 0000,0001,….9999

Karena mereka sudah mengenal prinsip perkalian, aturan pengisian tempat, dan permutasi, maka kita bisa eksplorasi siswa dalam menentukan berapa banyak pilihan kunci pengaman.

Untuk perkalian dan pengisian tempat siswa dapat menjawab dengan 10x10x10, sementara itu untuk konsep permutasi dijelaskan hanya berlaku bila digit tidak boleh berulang.

Demikian semoga bermanfaat!

Pariaman, 20 Februari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

20 Feb
Balas



search

New Post