Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web

Menetukan ruang sampel dari Percobaan

5.024

Menentukan Ruang Sampel dari Suatu Percobaan

Dalam menentukan kejadian dan ruang sampel, selain koin, dadu, dan kartu bridge, kita bisa menggunakan objek lain. Bisa berupa perumpamaan atau peristiwa yang sedang dan sudah berlangsung. Misalnya, tingkat kecerdasan siswa.

Misalnya kita ingin mengetahui tingkat kecerdasan dari seluruh siswa kelas XII, yang terdiri atas 7 kelas dan setiap kelasnya terdiri atas 36 orang siswa. Kelas yang ingin diselidiki adalah XII.IPA.2, maka ruang sampel adalah 36.

Contoh lain, suatu kotak berisi 3 bola putih dan sebuah bola merah. Bila dalam kotak diambil 3 bola sekaligus, maka akan ada 4C3 = 4 macam kejadiaan. Untuk menentukan keempat kejadian tersebut, kita harus umpamakan bolah putih itu atas p1,p2, dan p3. Sedangkan bola merah dilambangkan dengan M. Kejadian yang mungkin adalah terambilnya, p1p2p3, p1p2M, p1p3M, dan p2p3M.

Demikian, semoga bermanfaat

Pariaman, 19 Februari 202

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post