Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web

Pelambungan 3 Buah Koin

5.036

Pelemparan 3 buah Koin

Satu buah koin mempunyai dua mata sisi, biasanya disebut dengan gambar (G) dan angka (A). Jika sebuah koin dilambungkan maka hanya akan ada dua kemungkinan yang tanpak setelah jatuh di lantai, yaitu A atau G. Begitu juga kalau 2 koin yang dilambungkan, maka akan ada satu dari 4 kemungkinan yaitu, AA, AG, GA, dan GG. Lalu, bagaimana kalau 3 koin yang kita lambungkan? Pastinya hanya satu dari 8 kemungkinan, yaitu AAA,AAG,AGA,AGG,GAA,GAG,GGA, dan GGG.

Dari pelemparan 3 koin kita bisa merancang kejadian yang mengarah pada kejadian majemu saling lepas dan tidak saling lepas. Dimana, antara dua kejadian dibedakan apakah dua kejadian itu ada irisannya atau tidak. Kalau ada irisan, disebut kejadian tidak saling lepas, tetapi kalau tidak ada irisan, disebut dengan kejadian saling lepas.

Contoh kejadian tidak saling lepas dari pelemparan 3 koin adalah munculnya minimal dua Angka atau maksimal 2 gambar. Kejadian untuk munculnya minimal dua angka, kita lambangkan dengan A adalah A={ AAA,AAG,AGA, GAA}, n(A)= 4. Kejadian munculnya maksimal 2 gambar, dilambangkan dengan B adalah : B={ AAG, AGA, AGG, GAA, GAG, GGA}, n(B)=6. Antara A dan B ada irisan yaitu { AAG,AGA, GAA}. Jadi peluang munculnya minimal dua angkat atau maksimal 2 gambar adalah 4/8 + 6/8 – 3/8 = 7/8

Untuk contoh kejadian saling lepas dari pelemparan 3 koin adalah munculnya minimal dua Angka atau ketiganya gambar. Kejadian untuk munculnya minimal dua angka, kita lambangkan dengan A adalah A={ AAA,AAG,AGA, GAA}, n(A)= 4. Kejadian muncul ketiganya gambar, dilambangkan dengan B adalah : B={ GGG }, n(B)=1. Antara A dan B tidak ada irisan. Jadi peluang munculnya minimal dua angka atau ketiganya gambar adalah 4/8 + 1/8 = 5/8.

Demikian, semoga bermanfaat!

Pariaman, 2 Maret 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post