Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web

Penerapan Konsep Kombinasi

Penerapan Konsep Kombinasi

Bila dari n unsur dipilih r unsur, maka menurut konsep kombinasi nCr = n! : (n-r)!r! dan merupakan rumus untuk menentukan banyaknya kombinasi dari pemilihan r unsur dari n unsur. Contoh Penerapannya, adalah:

1. Dari 5 siswa dipilih 3 orang untuk mengikuti lomba catur, maka banyak pilihannya adalah 5C3= 5! : (5-3)!3! = 10.

2. Sebuah kantong berisi 6 kelereng bewarna merah dan 4 buah kelereng bewarna putih. Tiga kelereng diambil sekaligus secara acak. Berapa banyak cara pengambilan jika terambil : (a) ketiganya bewarna merah, (b) ketiganya bewarna putih, (c) dua merah dan satu putih, (d) warna bebas.

Jawaban untuk soal (a) adalah 6C3 = 6! : 3!.3! = 20

Jawaban untuk soal (b) adalah 4C3 = 4! : 1!.3! = 4

Jawaban untuk soal © adalah 6C2.4C1= 15.4 = 60

Jawabn untuk soal (d) adalah 10C3= 10!:7!3! = 120

3. Banyak kombinasi membentuk tim voli putri dari 23 siswa putri adalah 23C6

4. Banyaknya garis yang bisa dibentuk dari segi-6 adalah 6C2

Demikian semoga bermanfaat

Pariaman, 12 Februari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post