Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web

Pilihan Duduk dan Aturan Pengisian Tempat

Cara duduk Berbeda dalam Aturan Pengisian Tempat

Misalkan dalam ruang tunggu sebuah opotek terdapat 4 buah kursi yang akan ditempati oleh 4 orang pasien. Untuk menentukan berapa banyaknya cara berbeda keempat pasien itu menduduki kursi, digunakan aturan pengisian tempat dengan membuat empat kotak pilihan.

Kotak I atau kursi pertama dapat diisi dengan 4 pilihan (cara), karena siapa saja dari keempat pasien tersebut dapat duduk. Kotak II atau kursi kedua dapat diiisi dengan 3 pilihan (cara), karena tinggal 3 pasien lagi yang belum duduk. Untuk kotak III atau kursi ketiga dan keempat, masing-masing dapat diisi oleh 2 dan 1 piliihan (cara). Sehingga menurut aturan pengisian tempat, ada (4x3x2x1) cara = 24 cara berbeda keempat pasien bisa duduk.

Masalah lain, seandainya dari keempat pasien ada yang merupakan pasangan dan duduknya tidak bisa dipisahkan. Maka untuk menghitung banyak cara duduk berbeda dapat dihitung dengan menggap pasangan merupakan satu pasien, jadi hanya tiga pasien yang mengjadi perhitungan, sehingga banyaknya cara adalah 2x (3x2x1)= 12 cara. Angka 2 pertama muncul karena pasangan akan duduk dalam dua cara berbeda.

Demikian, semoga bermanfaat!

Pariaman, 7 Februari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post