Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web

Rute dan aturan pengisian tempat

Rute dan Aturan Pengisian Tempat

Panji berdomisili di Kota A dan ingin bepergian ke Kota E. Untuk sampai ke Kota E, ia harus melalui kota B. Dari Kota B, Panji harus melalui salah satu dari Kota C atau Kota untuk sampai ke Kota E. Untuk sampai di Kota B, ada tiga pilihan rute. Sementara itu dari Kota B ke Kota E, Panji harus melalui Kota C atau Kota D.

Ada 2 pilihan rute dari Kota B ke Kota C da nada 4 pilihan untuk sampai di Kota D. Sementara itu dari Kota C ke Kota E hanya ada satu jalan dan dari kota B ke Kota E ada dua jalan. Dalam menentukan pilihan, panji membuat sketsa dalam bentuk rute. Ada berapa pilihan rute Panji?

Dalam menyelesaikan masalah rute Panji, dapat dibantu dengan tekhnik pengisian tempat yang terbagi atas dua bagian. Bagian pertama, rute dari A ke B, B ke C, dan C ke E ada sebanyak (3 x 2 x 1) rute atau 6 rute. Untuk bagian kedua, rute dari A ke B, B ke D, dan D ke E, sebanyak (3x4x2) rute atau 24 rute. Jadi ada sebanyak 30 rute yang akan menjadi pilihan Panji. .

Persoalan lain, misalnya Panji berangkat dari kota A ke Kota C dan melalui Kota B. Kemudian ia kembali ke Kota A dan tetap menempuh Kota B. Ada berapa banyak pilihan Panji jika rute pulang pergi tidak sama. Catatannya, dari kota A ke Kota B dapat ditempuh dengan 3 cara dan dari Kota B ke Kota C dapat ditempuh dengan dua cara.

Untuk menjawab persoalan ini, diakan bagi atas dua bagian. Rute pergi dan rute pulang. Rute pergi, A ke B, B ke C dapat ditempuh dengan (3x2) carat atau 6 cara dan rute pulang, C ke B dan B ke A dapat ditempuh dengan (1x2) cara atau 2 cara. Jadi ada 8 rute yang bisa dipilih oleh Panji.

Demikian semoga bermanfaat

Pariaman, 6 Februari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasan nya

06 Feb
Balas



search

New Post