Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web
Senja di negeri jiran
Novel

Senja di negeri jiran

Sinopsis

Senja di Negeri Jiran

Penulis                      : Irwanto, S.Pd. M.Pd

Instansi                      : MAN Kota Pariaman

Kelas                          : Menulis Novel 1

Editor                         : Istiqomah

Tidak seperti hari kemarin dan hari-hari sebelumnya, aku punya banyak kesibukan untuk menghilangkan rasa sepiku. Tapi hari ini aku hanya bisa duduk bermenung diri di kursi kayu jati dekat jendela.  Kutatap langit senja yang semakin merona seakan mengiringi rasa sepi ini.  Indahnya senja hanya kupandangi dengan tatapan netra kosong. Senja yang semakin hitam, seakan  melukiskan kehampaan harapan yang tidak akan pernah jadi nyata. Ada yang ingin kusampaikan, tapi tak dapat kukatakan. Aku hanya bisa berdiam diri menjalani lockdown di Negeri Jiran yang jauh dari kampung halaman.

Namaku Ali Bramantio. Sejak kepergian ayah, diusiaku yang masih sangat muda,  aku harus menjadi tulang punggung keluarga. Aku rela putus sekolah dan meninggalkan tanah kelahiranku  agar amanah bisa kujalani. Aku harus merelakan hilangnya kehangatan bersama keluarga yang sehari-hari menggugurkan rasa lelah dan gundah oleh himpitan beratnya kehidupan. 

Masih melintas dalam bayanganku saat  berpisah dengan ibu. Ibu  yang tiap hari menanyakan apakah aku sudah makan atau belum, memberiku selimut ketika melihatku tidur kedinginan, dan meraba dahiku ketika aku demam tinggi. Ibu yang berlari mencari daun kembang sepatu untuk dijadikan obat ramuan. Dengan sapu tangan handuk, ibu mengopres kepalaku. Namun semua harus kutinggalkan.

Kututup rasa cinta yang hadir dan sia-sia untuk kuperjuangan. Aku berjalan dari satu negeri ke negeri lain sampai terdampar di Negeri Jiran, negeri yang membuatku semakin sadar bahwa aku harus mengikuti takdir yang tidak pernah berpihak padaku. Bagiku, hidup harus kujalani sampai kebahagiaan bertandang pada orang-orang yang kusayangi.

Senja di Negeri Jiran merupakan novel  sedih yang menguras air mata.  Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari pengorbanan untuk orang-orang yang dikasihani. Ada pertentangan kebudayaan dan prinsip memicu munculnya konfilk sehingga pembaca terbawa suasana. Penasaran? Silahkan miliki novel yang ditulis oleh penulis jebolan Media guru yang telah melahirkan empat buku solo dan delapan buku antologi pemenang lomba menulis di Gurusiana dalam 9 bulan berturut-turut. Hubungi penulis di nomor 08126789703

DATA PERPUSTAKAAN NASIONAL
Judul
Senja di negeri jiran
Penerbit
CV. Cipta Media Edukasi
Pengarang
Irwanto ; editor, Istiqomah
Tahun
2021
Seri
ISBN
978-623-290-256-5
Website
www.gurusiana.id
Info Pembelian Via Whatsapp
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow..keren..tak sabar ingin segera membacanya Pak Ir

18:39
Balas

ok, siap. Dalam waktu dekat dikirim.

19:22

Hanya Satu kata ....waaaww

26 Feb
Balas

Keren ceritanya, aku ingin segera membacanya dan ingin memesannya

26 Feb
Balas

Sudah dipacking, bu.

02 Mar

Keren pak...hebat

01 Mar
Balas

Keren, menyentuh ceritanya.

04 Mar
Balas

Keren...Pak semoga menginfirasi .

25 Feb
Balas

Keren Mbayan,

22:38
Balas

Good buku indah menewen...

25 Feb
Balas

Keren pak

25 Feb
Balas

Menyentuh banget pak,, 2 jempol utk bpk kerennn

28 Feb
Balas



search

New Post