Isak Isnain

Salam Literasi ! Aku lahir dan dibesarkan di kota Semarang, Jawa Tengah, tepatnya 10 Januari 1966. Mengenyam pendidikan dari TK, SD, dan SMP di sekolah swasta ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sertifikat Digital sebagai Hadiah Natal?

Sertifikat Digital sebagai Hadiah Natal?

Usai mengikuti webinar lounching Majalah Literasi Indonesia XII, seperti biasa, ada tautan daftar hadir yang "perlu" diisi. Kali ini namanya bukan link absensi/daftar hadir, melainkan link sertifikat.

Nampaknya sudah menjadi pakem webinar yang diadakan oleh MediaGuru: "tidak ada daftar hadir" . Kalaupun ada, link daftar hadir akan dibagikan pada akhir acara sebelum zoom meeting ditutup.

Ada satu hal yang "menarik" bagi saya, terkait pengisian form daftar hadir/sertifikat. Pada isian form terakhir, responden selalu diminta memberikan kesan dan saran untuk webinar yang akan datang. Uniknya, saat "ngeklik" Ikon kirim belum pernah sekalipun langsung terkirim. Apakah Gurusianer lain juga mengalaminya?

Saat ngeklik "kirim" secepat kilat muncul notifikasi berwarna merah yang memberi informasi bahwa pengisian jawaban minimal "100 karakter" di bagian pertanyaan terakhir (kesan/saran) agar form jawaban bisa terkirim. Pertanyaan saya: 100 karakter = 100 huruf atau kata?

Saya tak pernah menghitung jumlah karakternya. Yang saya lakukan dipanjang-panjangkan jawabannya dengan cara menambah jumlah kata atau mengulang kalimat yang sudah tertulis. Saboding, yang penting terkirim. Ups, keceplosan.

Sesuai info yang ada, beberapa menit setelah form jawaban terkirim secara otomatis sertifikat akan masuk di email penggunanya. Jikalau tidak ada, bisa dilihat pada bagian spam. Segera saya membuka email yang digunakan, terdaftar di form isian.

Di bagian email masuk tidak ada "sertifikat webinar" yang dimaksudkan. Di bagian spam: kosong. Balik lagi ke bagian pesan masukšŸ“„ tetap tidak ditemukan. Hanya ada dua pesan masuk bertuliskan "pemenang" bukan sertifikat webinar.

Mungkinkah ada kesalahan penulisan alamat emailnya? Biarlah tak dapat sertifikat webinar. Saya bersyukur malah mendapatkan sertifikat "pemenang lomba (bulanan) menulis MediaGuru sebanyak dua periode. Nah, sertifikat digital sebagai hadiah Natal? Pasti bukan. Saya menunggu alamat rumah Oma Siska yang akan memberikan sepulang dari luar kota (merayakan Natal bersama keluarganya).

Sukoharjo, 26 Desember 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren dan selamat Pak Isak

27 Dec
Balas

Mf p Isak. Sy lupa krn diminta KS unt msk mengerjakan SKP. Maafff bgt.

27 Dec
Balas

Hehe... ke Surabaya, Pak Isak. Salam bahagia.

27 Dec
Balas



search

New Post