Ishaq

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Tradisi Balimau Melanggar Nilai-nilai Islami

Bulan Ramadhan 1444 H tinggal menghitung hari saja. Dikalangan masyarakat saat sekarang ini ada sebuah tradisi yang dilakukan sebelum memasuki datangnya bulan Ramdhan yaitu "balimau" di lubuak-lubuak. Setiap tempat wisata pemandian selalu dipenuhi dengan orang-orang untuk melaksanakan balimau. Ada diantara mereka yang mengatakan bahwa sebelum memasuki bulan Ramadhan maka kita harus balimau (mensucikan diri). Ini bentuk pemahaman yang saat sekarang ini yang selalu mereka yakini.

Terutama para pemuda dan pemudi yang senantiasa melakukan tradisi balimau ini dengan cara bersama-sama. Bahkan orang-orang tuapun tak mau kalah dalam balimau ini. Orang tua sendiri yang mengajak dan membawa anaknya untuk balimau ditempat umum secara bersama-sama

Balimau /bersuci dalam Islam bukan mandi-mandi di tempat umum bahkan bercampur lain jenis. Bahkan mereka bersenang ria di setiap pemandian umum yang bercampur lawan jenis yang bukan muhrim mereka. Ini tradisi balimau yang melanggar nilai-nilai tuntunan syariat agama Islam.

Sedangkan dalam Islam arti balimau atau besuci adalah mandi menyirami badan seluruh tubuh dengan niat untuk mensucikan diri bahwa kita akan memasuki bulan Ramadhan serta menjalan ibadah di bulan Ramadhan. Bukan mandi di tempat-tempat umum bercampur lawan jenis. Hakikatnya adalah bahwa kita menghilangkan segala hadas dan najis yang melekat pada tubuh kita agar kita suci dalam melaksanakan ibadah puasa.

Oleh karena itu jangan kita sampai salah kaprah dalam melakukan balimau yang kebanyakan dilakukan oleh orang-orang. Niat kita untuk membersihkan diri serta suci sebelum Ramadhan datang, tetapi dosa yang kita dapatkan jika balimau dilakukan ditempat umum bahkan bercampur lawan jenis yang bukan muhrim kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Maaf lahir batin Pak, selamat menyambut bulan Ramadan.

12 Mar
Balas

Benar sekali pakKrn setiap tahun dalam rangka menyambut bulan Ramadhan yg seharusnya bersuci dimulai dari niat, malah disalah artikan. Sehingga, tak banyak yang pada akhirnya mendatangkan mudhorat. Sukses selalu BapakSalam literasi

12 Mar
Balas



search

New Post