Ishaq

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Tradisi Minang sebelum Ramadhan

Adat minang kabau merupakan "Adat Basandi Syara' dan Syara' basandi Kitabullah. Artinya adalah adat berlandasan kepada Agama. Setiap aturan dan ketentuan yang ada dalam adat maka semuanya berlandasan kepada Agama. Sedangkan agama yaitu Islam merupakan aturan dan ketentuan yang berlandasan. Kepada kitabullah ( Al-quran).

Ibadah yang dilakukan yang tidak ada ketentuan dalam Al-quran serta tidak pernah dilakukan oleh Rasullah maka ibadahnyan tertolak. Jangan sampai kita mengerjakan ibadah yangbtidak diajarkan oleh rasullah, maka akan jatuh kepada bid'ah.

Ada bentuk tradisi dan kebiasaan yang dikerjakan oleh orang. Minang sebelum Ramadhan, diantaranya yaitu :

1. Mendoa

Tradisi dan kebiasaan makan bersama sambil memanggil ustad ( orang yang paham agama). Maka sambil bersilaturrahmi dan makan bersama, maka al ustad akan memimpin doa. Berdoa untuk para muslim dan arwah yang telah mendahului kita maka dalam Islam itu dibolehkan, asalkan tidak mendoa dengan arwah yang tidak jelas.

Begitu juga dengan menjalin silaturrahmi sambil bermaaf-maafan sebelum ranadhan maka itu samgat dianjurkan, karena orang yang memutus silaturrahmi tidak akan masuk surga

2. Ziarah kubur

Ziarah kubur yaitu pergi mendoa dan membersihkan kuburan orang muslim atau keluarga kita, maka hukumny adalah sunnah. Bahkan ziarah kubur bukan hanya sebelum Ramadhan saja tetapi kapan pun dibolehkan. Ziarah kubur dalam artian mengingat bahwa kita tidak akan hidup selamanya.

Maka akhiran kehidupan kita yaitu adalah alam barzah ( kuburan) , maka ada bentuk motivasi bagi kita umat Islam agar selalu bertaqwa kepada Allah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Pak. Salam Literasi

19 Mar
Balas



search

New Post