Isma Latifah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Aksara Murda

Tantangan Hari Ke-351, #TantanganGurusiana

.

Salah satu materi pembelajaran Bahasa Jawa kelas 8 adalah Aksara Jawa. Kebetulan, saat ini saya sudah mencapai materi ini. Di dalam materi ini, terdapat submateri Aksara Murda. Nah, tahukah Saudara, apa yang dimaksud dengan aksara murda ini? Kapan penggunaannya yang paling tepat?

Gampangnya, aksara murda adalah ‘huruf kapital’ (dalam Bahasa Indonesia). Namun, fungsi aksara ini tidak sepenuhnya seperti huruf kapital dalam Bahasa Indonesia. Aksara murda tidak digunakan untuk penulisan awal kalimat yang menggunakan aksara Jawa. Aksara ini digunakan dalam penulisan nama orang, gelar kehormatan, nama tempat, nama lembaga/instansi, dan nama hari serta bulan.

Selain itu, tidak semua aksara Jawa memiliki bentuk kapital. Aksara yang termasuk dalam aksara murda adalah na, ka, ta, sa, pa, ga, dan ba. Sulit diingat, ya? Hafalkan saja Ga, bukan sepatu! pasti langsung mudah menghafal aksara murdanya. Hehehe. Lalu, bagaimana penggunaannya dalam kata penulisan aksara Jawa? Apakah semua aksara murda perlu dituliskan dalam sebuah kata? Saya akan menuliskannya dalam kiriman saya berikutnya, ya.

Selamat berpuasa, semoga masih terus semangat 😊

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

25 Apr
Balas



search

New Post