Isma Latifah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Parsel VS Hamper

Tantangan Hari Ke-367, #TantanganGurusiana

.

Menjelang Lebaran seperti ini, biasanya banyak saudara atau kenalan yang saling mengirimkan parsel. Ah, parsel? Sepertinya kata ini sudah terlalu kuno, jarang digunakan lagi saat ini. Bukankah saat ini masyarakat Indonesia sedang mengikuti tren penggunaan kata hampers? Lalu, apa bedanya parsel dan hampers, ya? Mari kita cek melalui jurus utama: KBBI.

Dalam KBBI, parsel diartikan sebagai ‘bingkisan yang berisi berbagai hadiah, seperti aneka kue, makanan, dan minuman dalam kaleng, barang pecah belah, yang ditata apik dalam keranjang dan dikirimkan kepada orang-orang tertentu pada hari raya’. Makna yang sangat tepat dan mudah dipahami, bukan? Bagaimana dengan hampers? Dalam kamus bahasa Inggris, hamper diartikan ‘keranjang, khususnya untuk menyimpan makanan’. Nah, poinnya sama-sama keranjang yang diisi makanan, ya.

Saya juga iseng mencari makna kata hamper dalam KBBI. Wow, ternyata kata ini sudah tercantum dalam KBBI versi daring. Makna kata hamper (dibaca dengan e pepet, ya, Saudara) cukup sederhana, yaitu ‘parsel’. Intinya, hamper itu sama dengan parsel, ya, Saudara. Mungkin masyarakat Indonesia kini lebih banyak yang menggunakan kata hamper karena lebih terdengar unik. Pun demikian, hamper sudah mengalami perluasan makna (menurut saya). Hamper yang dikirimkan bukan hanya berupa makanan, tapi berbagai hadiah yang dibungkus menarik.

Nah, apakah Saudara sudah mendapatkan parsel, eh, hamper untuk lebaran kali ini? 😊

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post