Isma Latifah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Pasangan Aksara Jawa

Tantangan Hari Ke-342, #TantanganGurusiana

.

Semenjak SD, saya sangat suka belajar bahasa Jawa, khususnya bab aksara Jawa. Menginjak SMP, kegemaran saya terhadap pelajaran Bahasa Jawa semakin bertambah. Apalagi, guru Bahasa Jawa saya di SMP bisa membuat pembelajaran sungguh menyenangkan. Beliau memang sudah cukup tua usianya, tapi begitu energik saat mengajar di dalam kelas.

Salah satu penjelasan beliau yang paling saya ingat sampai sekarang (alhamdulillah, kini pun saya terapkan dalam pembelajaran di kelas Bahasa Jawa yang saya ampu) adalah cara menghafalkan pasangan aksara Jawa. Setidaknya, ada tiga hal yang bisa diingat sebagai langkah menghafal pasangan aksara Jawa. Yang pertama, aksara yang memiliki pasangan yang penulisannya di samping adalah ha, sa, pa. Kedua, pasangan yang memiliki bentuk penulisan sama persis dengan aksaranya adalah ra, ga, nga, ya. Terakhir, pasangan yang penulisannya mirip dengan aksaranya, tapi “kakinya” hilang satu di bagian belakang adalah ka, ta, la.

Apakah Saudara menggunakan jembatan keledai yang sama saat menghafalkan pasangan aksara Jawa? 😊

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post