ISMINATUN

Dilahirkan di Klaten, Jawa Tengah. Pendidikan SD sampai SPG ditempuh di kotanya. D2 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di FBS IKIP Semarang lulu...

Selengkapnya
Navigasi Web
SHALAT MENCEGAH FAHSYA’ DAN MUNKAR?

SHALAT MENCEGAH FAHSYA’ DAN MUNKAR?

Sebuah penelitian di Inggris menyebutkan bahwa penjahat (pencoleng, penjambret, pembunuh dan pelaku kejahatan lain) otak depannya rusak. Orang yang banyak sujud dengan khusyuk dan tumaknianah akan memperbaiki otak depan. Itu sebabnya tidak aneh jika shalat dapat mencegah perbuatan keji (fahsyak) dan munkar. Demikian dituturkan oleh Ustadz dr. H.R.P. Andri Putranto, M.Si. sang pembicara dalam Pengajian IPHI (Ikatan Persaudaraan haji Indonesia) Makamhaji pagi ini. Sang ustadz adalah Dosen Fakultas Kedikteran UNS. Menyampaiakn tausiah dengan apik dan simpatik.

Diawali dengan sebuah peringatan berdasar sebuah hadits

Jaga Lima Sebelum Datang yang Lima

1. Jaga sehat sebelum sakitmu

2. Jaga muda sebelum masa tua

3. Jaga kaya seblum miskin

4. Jaga sempat sebelum sempit

5. Jaga hidup sebelum mati.

Mensyukuri nikmat sehat dites dari warna yang beliau tunjukkan. Seperti tes yang dilakukan untuk mendeteksi buta warna. Jamaah antusias menjawab meski banyak yang salah. Audien bersemangat mengkitui ceramhnya yang memang simpatik.

Beliau ungkapkan juga bahwa kini banyak pasien yang terkena kanker kulit. Juga beliau ungkapkan bahwa penyakit era sekarang banyak bersumber dari gaya hidup. Sebenarnya orang sehat itu belum tentu benar-benar sehat. Sebab orang sakit baru tersa atau terlihat gejalnya jika telah mengalami kerusakan hingga 75%. Misal ginjal yang tingkat kerusakannya 25 % belum akan terasa sakit.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan sehat? Definisi WHO menyebutkan bahawa sehat adalah kondisi fisik, rohani dan sosial baik. Atau, sehat adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan untuk baik.

Adapun sakit dapat diketahui dari dua hal, yaitu sign dan symptom. SIGN adalah tanda sakit, suatu kondisi yg mudah diperiksa, dilihat, diukur, dihitung. Adapun SYMPTOM: gejala sakit: suatu kondisi yang tidak mudah diperiksa.

Semua orang sebenarnya dapat mengobati dirinya sendiri. Sebab badan kita telah memiliki daya tahan yang disebut (1) Pertahanan alami; pertahanan fidik/mekanik (2) Pertahanan biokimiawi, (3) Pertahanan humoral.

Satu lagi yang beliau ingatkan. Waktu istirahat (tidur) sebaiknya dalam keadaan gelap. Sebab akan merangsang pertumbuhan sel. Ini sebuah peringatan untuk kita bersama.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Heeebat..monggo jaga kesehatan fisik..rohani kita..jaga sholat kita njih

08 Apr
Balas

Aamiin3

08 Apr

Trimakasih Bu... Sidah diingatkan, sangat bermanfat

09 Apr
Balas

Jazakillah khoir...Bu...sangat bermanfaat. Baarakallah...

08 Apr
Balas

Wa iyyaki. Aamiin3

08 Apr



search

New Post