Isna Indriati

Isna Indriati, ingin terus belajar menulis agar bisa tinggalkan sedikit kenangan bagi yang tak mengenalnya....

Selengkapnya
Navigasi Web
MAKANAN CEPAT SAJI NAN SEHAT

MAKANAN CEPAT SAJI NAN SEHAT

Perempuan sering dibuat pusing dengan urusan dapur, terutama menu makanan. Makan tiga kali sehari seringkali hanya bisa dipenuhi dua kali. Tugas menyiapkan menu pun seringkali mengikuti pola itu. Jika pasti bisa sarapan dan makan malam, maka menu di dua waktu makan itu lah yang selalu dipikirkan. Dari sudut pandang perempuan, pemikiran itu meliputi:

1. Pergantian menu. Perbedaan menu sudah menjadi kewajiban perempuan sebagai istri atau ibu untuk selalu menyiapkan daftarnya. Meski daftar itu tak tertulis, namun memori untuk urusan makanan ramnya besar. Yakinlah, banyak lelaki yang kalah.

2. Uang belanja. Perempuan juga dikenal sebagai pakar ekonomi. Sebagian besar suami sebagai kepala rumah tangga mempercayakan penghasilannya untuk dikelola oleh istri. Abaikan jika ada yang termasuk istri mengatur suami atau suami sien istri, seperti dinyanyikan oleh Sule. Untuk mengelola keuangan terutama pemenuhan kebutuhan logistik (makan, red) sebagian istri akan memilih belanja sayur di pasar dan mengolahnya sendiri. Hal ini dapat dibuktikan dengan isi kulkas. Sayur mayur, buah-buahan, ikan, dan daging hanya beberapa bahan utama dalam daftar. Beberapa yang sudah diolah, seperti bacem, pentol, bumbu, sambal, dan puding juga menjadi andalan iibu yang suka menyajikan masakan rumahan ala resto.

3. Waktu. Pemikiran ketiga ini sangat bergantung pada kesibukan ibu, apakah sebagai ibu rumah tangga dia memiliki profesi sampingan. Jika dia memiliki bisnis sampingan, maka waktu menjadi sangat diperhatikan. Karena waktu inilah istri atau ibu akan memilih dan menentukan menu sesuai jadwalnya.

Nah, setelah memperhatikan pemikiran dan alasan di baliknya, ada banyak menu cepat saji yang resepnya sudah tercetak rapi dalam memori istri/ibu. Perputaran menu ini pun akan sangat dipengaruhi dengan tenaga yang akan diperlukan, apakah si ibu/istri punya pekerjaan lain yang harus diselesaikan seperti laundry, jadwal menyusui, dan tetek bengek lainnya.

Berikut ini diantara menu cepat saji yang bisa dijadikan referensi.

1. Pecel. Cukup siapkan sayur yang akan direbus. Jangan lupa sambal kacang sudah disiapkan minimal sehari sebelumnya, dan diusahakan cukup untuk 3-4 kali.

2. Capcay. Menu sederhana ini menjadi pilihan karena bumbu bawang merah dan putihnya cukup digeprek, cabai dipotong, lalu tumis. Sayuran dimasukkan saat air yang ditanbahkan dalam bumbu sudah mendidih. Pentol atau sosis sudah pula disiapkan di kulkas.

3. Lalapan. Ibu/istri tinggal menggoreng ayam, ikan, tahu atau tempe. Sambil menunggu masak, si ibu menyiapkan sambel. Timun, kol, daun kemangi cukup cuci beraih dan tiriskan.

4. Nasgor. Bumbu ini cukup simpel seperti capcay. Geprwk bawang merah dan putih, tambahkan tomat cacah lalu tumis hingga harum. Tambahkan jagung sisir, kacang polong atau irisan kacang panjang, kecambah atau sawi putih, baru masukkan nasi. Sambil tunggu nasi siap, dadar telor.

5. Sayur asem atau bening. Ini mungkin menjadi sayur favorit ibu super sibuk. Cukup rebus air bersama bawang putih geprek dan daun salam tambah laos jika suka. Setelah air mendidih masukkan sayur yang disuka. Labusiem, kacang panjang, jagung manis, wortel adalah kombinasi sederhana. Bisa juga diganti gambas atau labu putih dan padanan yang lainnya. Tempe goreng dan sambel bawang pas untuk teman setianya.

Jika mungkian ada menu cepat saji lainnya bisa direkomendasikan dalam komentar.

Terimakasih

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Urap, semua jenis kukusan. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

09 Jan
Balas

Siap ditambahkan pak. Terimakasih

10 Jan

Alhamdulillah, jazakillah khoir, dapat menu cepat saji yang menyehatkan. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Bunda.

09 Jan
Balas

Terimakasih. Sehat selalu, Bun

10 Jan

Wah cukup komplit menu cepat sajinya. Sup juga cepat bun tinggal geprek bawang putih, lada bubuk, garam, gula putih,cemplung sayuran taburi bwang goreng. Kalau sup kental tinggal pipil jagung manis, sedikit maezena untuk pengental, bumbu lada dan bawang putih bubuk, kaldu, sayur daun bawang jadi dech.. Terimakasih menunya, salam sehat dan sukses selalu.

09 Jan
Balas

Betul bu. Bawang goreng penyedap segala jenis masakan. Terimakasih sudah mampir untuk sharing

10 Jan

Terima kasih tips nya Bunda. Kalau di rumah saya telur dadar dan telur ceplok adalah menu praktis favorit. Sukses selalu Bunda

09 Jan
Balas

Sukses juga buat bunda Fera

10 Jan



search

New Post