isnan adi

Saya bekerja sebagai pengajar di SMA Negeri 1 Bukateja, Purbalingga, Jawa Tengah. Selain bermusik, kegiatan yang saya sukai adalah membaca dan menulis....

Selengkapnya
Navigasi Web
Sedekah Bumi, Bukan Sekedar Ajang Bertukar Nasi
Warga desa Tinggar Jaya bersiap untuk menyantap sajian sedekah bumi (Minggu, 29/7/2018)

Sedekah Bumi, Bukan Sekedar Ajang Bertukar Nasi

JATILAWANG, BANYUMAS- Warga desa Tinggar Jaya, Jatilawang, Banyumas tampak antusias mempersiapkan hidangan untuk disajikan di acara sedekah bumi yang bertempat di kediaman Pak Kayim Tinggar Jaya (Minggu, 29/7/2018).

Sedekah bumi merupakan acara yang rutin diselenggarkan oleh warga desa Tinggar Jaya setiap setahun sekali. Acara tersebut merupakan bentuk apresiasi warga terhadap rezeki yang telah dilimpahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk memperat tali silaturami antar warga desa.

Berbagai rangkaian acara diikuti oleh seluruh warga dengan penuh kegembiraan. Salah satu yang menarik dari acara ini adalah saling bertukar makanan. Setiap keluarga membawa makanan yang diletakan di tampah (wadah berbentuk lingkaran yang terbuat dari anyaman bambu). Makanannya pun beragam. Mulai dari nasi liwet, serundeng, ikan, tempe, tahu dan berbagai olahan khas lainnya. Novita merupakan salah satu warga yang mengikuti acara sedekah bumi berharap acara ini tetap diadakan setiap tahunnya. "Acara ini sangat bagus, tidak hanya sekedar ajang berkumpul dan "bertukar nasi", tetapi sebagai salah satu upaya melestarikan budaya yang sudah berlangsung turun temurun." Ujar Novita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Indahnya budaya negeri kita, silatrahmi dan berbagi. Salam literasi dari Medan. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah....pak.

29 Jul
Balas



search

New Post