Istiqomah

Saya Widyaiswara di PPPPTK PKn dan IPS Malang. Menulis dan mengedit adalah pekerjaan yang saya sukai. Dari hobi bisa jadi sumber penghasilan dan meningkatkan ko...

Selengkapnya
Navigasi Web

Games dalam Kegiatan Capacity Building

Pernah ikut kegiatan capacity building? Bila pun belum pernah,. setidaknya Anda pernah mendengarnya. Capacity building (CB) adalah sebuah kegiatan yang direncanakan untuk meningkatkan daya tampung kompetensi seseorang., pegawai. Umumnya kegiatan ini diadakan oleh sebuah perusahaan, lembaga, dan organisasi.

Berbeda dengan pelatihan atau pendidikan, CB umumnya dirancang dengan memadukan antara pemberian motivasi indoor dengan games-game outdoor. CB yang kental dengan game outdoor seringkali disebut sebagai ourltbond.

Pemberian motivasi menjadi hal yang sangat bermakna bagi para pegawai. Apalagi bila motivatornya andal. Ia akan mampu memantik kembali motivasi berprestasi para pegawai yang seringkali stagnan karena banyaknya pekerjaan yang harus mereka selesaikan.

Lalu, bagaimana dengan game-game yang dimainkan dalam outbond? CB dan outbond memang nyaris tak terpisahkan dengan game. Para pegawai yang umumnya sudah dewasa, bahkan tak jarang sudah berusia lebih dari setengah abad diajak bermain, bernyanyi. Mereka seolah-olah diajak menjadi anak-anak kembali.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, "Untuk apa?"

Game-game dalam outbond umumnya dirancang untuk melatih fokus, kecermatan, kesigapan, dan kerja sama . Trainer outbond yang hebat akan mengantarkan para peserta menemukan kegembiraan dan kebersamaan di antarpeserta. Dampaknya, usai outbond, peserta merasa fresh, sertassemakin akrab dengan teman sejawat.

Kreativitas dan semangat kerja mereka pun tumbuh lagi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Setuju. Kegiatan seperti itu akan menambahkan energi baru

13 Mar
Balas

Saya mau ikutan capacity building jika ada

13 Mar
Balas

Coba kalau di banyuwangi ada....

13 Mar
Balas

Luarr biasah..Keren bun

13 Mar
Balas

CB bertambah kosakataku. Trims bunda

14 Mar
Balas

Kereen Bunda Isti, emang refreshing perlu dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan

13 Mar
Balas

Bentuk gamesnya kayak apa bunda?

13 Mar
Balas

Tunggu tulisan Bunda Ari Pudjiastuti

13 Mar

Trims info nya bun...kerenn

13 Mar
Balas

Wow, jadi yang seperti itu namanya CB ya? Terima kadih Bu Isti. Saya baru mengetahui istilahnya.Suatu saya pernah mengondisikan siswa kelas XII yang saya ampu untuk mengenang masa yang paling menyenangkan tanpa beban, yaitu masa kanak-kanak, dst.

13 Mar
Balas

Siip

13 Mar

Bunda harapannya begiteng, pegawai jadi fres lagi, tapi nyataannya, waktu kerja lagi ya ...begitu lagi.

14 Mar
Balas



search

New Post