Istiqomah

Saya Widyaiswara di PPPPTK PKn dan IPS Malang. Menulis dan mengedit adalah pekerjaan yang saya sukai. Dari hobi bisa jadi sumber penghasilan dan meningkatkan ko...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembelajaran dan penilaian higher order thinking skills teori dan inspirasi pembelajaran e
Buku Pembelajaran dan Penilaian HOTS

Pembelajaran dan penilaian higher order thinking skills teori dan inspirasi pembelajaran e

Pengantar

 

Ramai soal RPP satu halaman tidak bakal berpengaruh terhadap kompetensi pedagogik yang harus dikuasai guru. Mau RPP satu lembar, 5 lembar, 100 lembar, bahkan nol alias tidak buat RPP< pemahaman tentang pembelajaran harus tetap dikuasai guru.

Apalagi di era Revolusi Industri 4.0, guru wajib memahami dan menerapkan pembelajaran yang dapat membekali anak dengan kecakapan abad 21. Salah satunya dengan menerapkan pembelajaran dan penilaian berorientasi higher thinking skill (HOTS).

Buku Pembelajaran dan penilaian HOTS yang hampir terjual 3000 eksemplar sejak terbit di bulan Oktober 2019 lalu ini awalnya banyak dibeli mahasiswa S-2 untuk menyusun thesis. Alhamdulillah saat program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) digelar oleh Kemendikbud buku ini banyak dibeli guru inti (GI), widyaiswara, bahkan dosen. Kemudian menyusul para guru sasaran dan mahasiswa baik S-1, S-2, maupun S-3. 

Buku ini menyediakan referensi untuk menjawab nasihat Sayyidina Ali. Yaitu menyediakan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan zaman saat anak-anak kita nanti hidup di masyarakat.  "Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya."

Sebuah buku yang saya dedikasikan untuk rekan-rekan guru. Semoga menginspirasi. Di dalamnya mencakup tentang (a) implikasi era industri 4.0 terhadap penddikan, (b) pembelajaran abad XXI, (c) PPK dan literasi, (d) merancang pembelajaran HOTS, dan (e) merancang penilaian HOTS. Contoh RPP, kisi-kisi, dan soal HOTS mencakup tiga jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA.

Semoga buku ini dapat menjadi salah satu sumber inspirasi dan referensi para guru dan pemerhati pendidikan.

 

Insyaallah buku ini sangat tepat untuk dibaca para guru untuk meningkatkan kompetensinya. Pelatihan guru tahun 2018 insyaallah akan banyak sekali berkaitan dengan pembelajaran HOTS. Tanpa pembelajaran HOTS, bagaimana akan dilakukan penilaian HOTS?

 

 

 

Sinopsis

 

Gonjang-ganjing Ujian Nasional (UN) menyisakan banyak pekerjaan rumah bagi pendidikan nasional. Hal yang paling hangat adalah dimasukkannya soal-soal kategori berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill/HOTS). Siswa dianggap belum mempunyai kemampuan yang memadai menyelesaikan soal-soal HOTS. Soal yang disajikan dalam UN dinilai beberapa pihak masih belum mampu mencerminkan soal HOTS. Kedua hal ini melahirkan tudingan bahwa guru belum melaksanakan pembelajaran dan penilaian HOTS.

 

Keterampilan berpikir tingkat tinggi tidak hanya perlu diujikan dalam bentuk soal tertulis, tetapi juga harus dibelajarkan dan dilatihkan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadikan pembelajaran HOTS sebagai salah satu bagian dari grand desain untuk mencetak generasi Z (Gen Z) menjadi cerdas yang siap dalam menghadapi persaingan di abad XXI, terutama dalam menyongsong era revolusi industri 4.0 yang dicirikan dengan perubahan serba cepat di segala bidang kehidupan.

 

Buku ini memberikan bekal teori dan inspirasi bagaimana mengembangkan pembelajaran dan penilaian HOTS terpadu dengan pembelajaran abad XXI, pengembangan literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam implementasi Kurikulum 2013. Sebuah buku yang dapat memberi bekal pengetahuan dan keterampilan serta menginspirasi para guru, calon guru, pengambil kebijakan, dan pemerhati pendidikan untuk mengawal generasi Z sukses di era revolusi industri 4.0.

 

 

 

Cara Mendapatkan Edisi Revisi

 

Anda berminat? Gampang sekali pesannya. Edisi revisi, Buku setebal 370 halaman ukuran A4, harga hanya Rp 140.000. Kertas Bookpaper. Cara pesannya, japri ke Nomor WA 081334231701. Tulis nama, alamat pengiriman, dan No HP/ WA. Agar bisa dicek ongkos kirimnya. Pemesan juga bisa langsung ngecek ongkos kirim di JNE/ TIKI/ PT Pos online.

DATA PERPUSTAKAAN NASIONAL
Judul
Pembelajaran dan penilaian higher order thinking skills teori dan inspirasi pembelajaran era revolusi industri 4.0
Penerbit
CV Pustaka Mediaguru
Pengarang
penulis, Istiqomah ; editor, Zakiyatul Fitri
Tahun
2018
Seri
ISBN
978-602-482-450-1
Website
www.mediaguru.id
Info Pembelian Via Whatsapp
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bun..aku udah memilikinya. Tapi belum dibaca. Karena baru tagl 16 kemaren mendapatkan di kegiatan kls menulis di Padang

18 Feb
Balas

Alhamdulillah

19 Feb

Mantap isinya. Alhamdulillah dapat bimbingan dari penulisnya. Buku ini saya beli sewaktu mas Febry bawa ke Padang saat kelas menulis KPPL Kemenag kota Padang. Sehat dan sukses selalu bunda tiriku yang baik hati.

07 Apr
Balas

Keren bukunya

19 Apr
Balas

Alhamdulillah..sagusabu jember hari pertama , langsung sruput..

18 Jun
Balas

Selamat, Bu.Memang sudah kewajiban kita untuk memperdalam ilmu terkait dengan pembelajaran. Dengan menulis, otomatis kita mengetahui, apalagi sudah sampai RPP, berarti sudah mampu mencapai tahapan mencipta, bagus..Insya Allah, saya beli kalau sudah selesai dan terbit buku saya, Bu.Pingin saya tetap 1 halaman, Dengan tetap menampilkan Landasan FilosofisTeoritis Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004 dan mengikuti perkembangannua sampai kurikulum 2020.Dan Kurikulum memang ditulis sesuai zamannya.

18 Feb
Balas

Pingin seperti Ibu. Semoga laku keras, Bu

18 Feb
Balas

Amiin ya Robbal Alamin

19 Feb

Mantap bukunya bu.

17 Feb
Balas

Alhamdulillah

19 Feb

Bagus bu bukunya mka ilmunya

13 Jul
Balas



search

New Post