Fadibah Setiawan

Sukses itu adalah membuat orang lain sukses, dan aku menikmati nya dengan lebih semangat lagi berbagi dan bersyukur. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Akreditasi S/M Online 2017
Alur akreditasi online

Akreditasi S/M Online 2017

Sekolah anda masuk kuota akreditasi tahun 2017? Mulai tahun ini Badan Akrditasi Sekolah/Madrasah (BAN S/M) menerapkan sistem akreditasi online. Siapkan anda? berikut ini gambarannya.

Perkembangan teknologi di jaman ini membuat BAN S/M mulai berbenah mengikuti perkembangan yang ada. Sebenarnya sistem online sudah beberapa tahun lalu dikembangkan dan diujicoba, namun baru tahun ini dipublikasikan.

Sejalan dengan isian instrumen akreditasi secara manual, sistem basis web ini tidak mengubah yang seharusnya diisikan oleh satuan pendidikan. Perbedaan mendasar adalah pada saat proses pengisian berlangsung, harus menggunakan komputer/laptop bisa juga HP android yang terkoneksi internet.

Akronim yang digunakan oleh BAN S/M untuk akreditasi online ini adalah SisPenA (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah dan Madrasah). Segala bentuk bukti fisik diminta diunggah dalam SisPenA sesuai dengan isian akreditasi yang diharapkan oleh sekolah.

Dalam SisPenA sekolah bisa login menggunakan NPSN ( atau kode lainnya, akan diberikan pada sekolah)kemudian memutakhirkan informasi profil sekolah yang tertera dalam sistem. Berikutnya sekolah mengisi instrumen akreditasi sesuai dengan kondisi sekolah dan capaian akreditasi yang diinginkan. Setelah mengisi instrumen akreditasi sekolah juga diminta mengisi form isian data pendukungnya.

Dalam sistem online isian data pendukung disebut Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi (IPDIP). Form isian ini diisikan satu per satu sesuai dengan petunjuk teknis yang telah disertakan dalam instrumen akreditasi. Setelah diisikan sekolah diminta mengunggah IPDIP yang telah diisikan. Data isian penilaian diri akan tersimpan otomatis setiapkali pengisian selesai dilakukan. Proses pengisian instrumen dianggap sudah selesai apabila semua butir isian sudah terisi lengkap.

Di bagian akhir modul sistem ini, akan ada tombol simpan, untuk meyakinkan bahwa data yang sudah diisikan tersimpan dengan baik. Setelah itu akan muncul tombol lihat hasil penilaian, untuk melihat hasil penilaian individu sekolah dan juga peringkat akreditasi yang diharapkan sekolah. Jika ada warna merah di salah satu tabel, itu artinya standar tersebut belum mencapai nilai minimal untuk memenuhi syarat akreditasi.

unduh panduan sispena untuk sekolah di link berikut http://bit.ly/SisPenA (link di copy kemudian pastekan di browser)

Sumber: http://bansm.or.id

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Untuk Jenjang PAUD ada tidak....penjelasannya

28 Apr
Balas

Untuk PAUD ikut non formal

28 Apr



search

New Post