Fadibah Setiawan

Sukses itu adalah membuat orang lain sukses, dan aku menikmati nya dengan lebih semangat lagi berbagi dan bersyukur. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jangan Parkir Motor di Bandara Juanda
Parkir motor 78rb, gila

Jangan Parkir Motor di Bandara Juanda

Anda bawa kendaraan pribadi dan rencana parkir inap di bandara juanda untuk beberapa hari? pikir ulang deh.

Parkir motor mulai 1 Maret lalu naik jadi Rp 25 ribu. Itu terjadi di parkir airport Juanda. Dalam keadaan normal parkir di teminal airport Juanda untuk motor adalah Rp 3 ribu, itu berlaku untuk 1 jam pertama. Nah, di parkiran terminal airport Juanda tersebut kini berlaku tarif progresif jika melakukan parkir inap 24 jam. Kelipatannya adalah Rp 25 ribu per hari.

Seperti yang dikatakan oleh Yuwono General Manager PT Angkasa Pura (AP) 1 cabang Bandara Juanda, "rencana kenaikan tarif parkir untuk roda dua dari RP. 1.500 menjadi Rp. 3.000 sedangkan roda empat dari Rp. 5.000 menjadi Rp. 6.000."(Detik.com, 24 Feb 2017)

Parkir di Bandara Juanda ini berlaku progresif Rp. 2.000 untuk lima jam pertama. Lima jam ke atas sampai 12 jam Rp. 25.000. Parkir 12 Jam Rp. 55.000. Tarif ini berlaku untuk kendaraan roda 4. Sedangkan untuk parkir motor RP. 3.000. Tidak ada progresif untuk motor menginap, yang berlaku tetap Rp. 25.000.(surabaya.tribunnews.com, 24 Feb 2017). Di portal www.Juandaairport.com Yuwono menambahkan bahwa kenaikan parkir tersebut juga akan diimbangi dengan peningkatan pelayanan yang ada di bandara Juanda. "Parkir tersebut juga sudah terlindungi asuransi, artinya seluruh kendaraan yang hilang akan diganti seratus persen sesuai dengan harga yang berlaku pada saat itu"

Beberapa hal di sini yang perlu dikritisi dalam pemberlakukan tarif parkir baru di Bandara yang merupakan fasilitas transportasi umum. Pertama, tarif parkir baru yang diberlakukan sebaiknya juga disosialisasikan dengan cara di pajang panda pintu masuk parkir. Pada saat pengguna mengambil tiket parkir dia juga tahu tarif parkir yang diberlakukan, sehingga akan mengatur waktu parkirnya. Kedua, perbaikan fasilitas dan layanan parkir. mualai dari petugas parkir yang berjaga di tempat parkir hingga fasilitas parkir yang ada. Seperti yang dialami penulis, kebetulan menggunakan motor, parkiran motor yang becek, tergenang air dan tanpa pelindung dari terik matahari. Hal ini juga perlu pembenahan dan perbaikan fasilitasnya. Ketiga, antara informasi yang diberikan pada media dengan keputusan yang diberlakukan tidak sama. Contoh saja yang penulis alami, parkir motor selama tiga malam terkena parkir progresif motor sesuai yang tertera dalam untuk parkir inap sehingga totalnya mencapai Rp. 78.000. Jika ini dirinci sama dengan tarif parkir motor (Rp. 3.000) ditambah progresif inap (Rp. 25.000/malam). Padahal pada penjelasan di atas tidak ada progresif untuk motor menginap, namun di aturannya diberlakukan progresif. Jika dikalkulasi (Rp. 78.000) sama dengan naik taksi dari bandara ke rumah. Apakah ini artinya dilarang parkir berlama-lama di bandara? ataukah harus gunakan angkutan dari bandara untuk keluar bandara??

Semoga tulisan ini jadi bahan pertimbangan bagi yang ingin parkir inap kendaraan di bandara.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pernah parkir inap mobil skitar 50 rn an gitu

24 Apr
Balas

Kapan tuh? Dalam bulan maret ini atau sebelumnya?

24 Apr

alhamdulillah, beberapa kali aku ke Juanda gak pernah disuruh mbayar beaya parkir. Rezeki anak soleh

24 Apr
Balas

Hahaha...

24 Apr

wkwkwkwk

24 Apr

Alhamdulillah...ga kena tarif itu. Ga pernah parkir inap motor. Apalagi di bandara

25 Apr
Balas



search

New Post