Iwan Berri Prima

Seorang dokter, yang berprofesi sebagai dokter hewan pemerintah (Dokter Hewan Berwenang). Kelahiran Bantul Yogyakarta, tapi saat ini menetap di Kota Tanjungpina...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berperan Aktif dalam Satu Kesehatan

Berperan Aktif dalam Satu Kesehatan

Satu kesehatan atau dikenal dengan One Health adalah pendekatan pemersatu yang dicetuskan secara berkelanjutan untuk menyeimbangkan dan mengoptimalkan hubungan erat dan ketergantungan diantara manusia hewan dan ekosistem (lingkungan), mengakui kesehatan hewan peliharaan dan liar, tumbuhan, dan lingkungan yang lebih luas.

Konsep One Health ini merupakan salah satu konsep baru bagaimana mencegah penyakit pada hewan berpindah ke manusia.

Hal ini juga sejalan dengan Kesehatan global yang berfokus pada isu-isu kesehatan dunia yang membutuhkan kerja sama lintas negara, bersifat multidisipliner, lintas sektor, dan bertujuan untuk meningkatkan dan mencapai kesetaraan status kesehatan masyarakat dunia. Dengan kata lain, peranan kesehatan tidak lagi hanya menjadi tugas dari tenaga kesehatan seperti dokter, dokter gigi, apoteker, bidan, perawat dan lain sebagainya, tetapi juga melibatkan unsur profesi lainnya, seperti dokter hewan.

Oleh sebab itu, dokter hewan di pemerintahan daerah memegang peranan yang sangat penting dalam konsep ini. Terutama dalam pengendalian zoonosis. Sebut saja, dalam pengendalian Rabies, Flu Burung, Anthrax, Leptospirosis dan lain sebagainya.

Adapun Kontribusi dokter hewan dalam konsep satu kesehatan ini mencakup pada enam ranah utama, yaitu diagnosis, pengawasan, epidemiologi, kontrol, pencegahan, dan pemberantasan penyakit zoonosis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post