Iwan Berri Prima

Seorang dokter, yang berprofesi sebagai dokter hewan pemerintah (Dokter Hewan Berwenang). Kelahiran Bantul Yogyakarta, tapi saat ini menetap di Kota Tanjungpina...

Selengkapnya
Navigasi Web
Melaksanakan Penyuluhan Kesehatan Hewan

Melaksanakan Penyuluhan Kesehatan Hewan

Tugas dokter hewan pemerintahan di Pemda selain melaksanakan kegiatan teknis pelayanan keswan, juga melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan hewan.

Penyuluhan ini dilaksanakan dengan tujuan agar masyarakat mengetahui bahwa sektor kesehatan hewan jika tidak dilaksanakan dengan baik maka akan berdampak pada sektor hewan yang kita pelihara atau hewan pangan yang akan kita konsumsi (hewan ternak dan ikan).

Meskipun secara umum dilingkup pertanian ada penyuluh pertanian, tampaknya tidak semua penyuluh pertanian memiliki "kemampuan" untuk bertindak sebagai penyuluh kesehatan hewan. Maklum, penyuluh pertanian yang berlatar belakang sarjana pertanian, tentunya memiliki latar belakang rumpun yang berbeda dengan kesehatan hewan, dimana, kesehatan hewan adalah rumpun ilmu kesehatan, sedangkan sarjana pertanian merupakan rumpun ilmu hayat/ pertanian.

Oleh sebab itu, selain sebagai profesi "penyembuh", dokter hewan juga dituntut untuk cakap dalam berkomunikasi. Menyampaikan penyuluhan dan edukasi tentang kesehatan hewan.

Selain itu, penyuluhan kesehatan hewan juga biasanya disejalankan dengan kegiatan pembinaan pada masyarakat, peternak dan kelompok tani. Seperti penyuluhan tentang bahaya rabies pada hewan kesayangan, penyuluhan tentang penanganan penyakit mulut dan kuku, dan lain sebagainya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post