Iwan Berri Prima

Seorang dokter, yang berprofesi sebagai dokter hewan pemerintah (Dokter Hewan Berwenang). Kelahiran Bantul Yogyakarta, tapi saat ini menetap di Kota Tanjungpina...

Selengkapnya
Navigasi Web
Melakukan Pemeriksaan Laboratorium (Analis Kesehatan Hewan)

Melakukan Pemeriksaan Laboratorium (Analis Kesehatan Hewan)

Pemeriksaan laboratorium adalah jenis pemeriksaan kesehatan dengan menggunakan sampel darah, urine, atau jaringan tubuh. Dari hasil pengambilan sampel ini, dokter atau ahli medis akan menganalisis sampel uji untuk melihat apakah hasil pemeriksaan berada dalam kisaran normal.

Namun, biasanya di sektor kesehatan masyarakat, tugas atau peranan pemeriksa laboratorium, umumnya tidak menjadi tugas dari dokter atau dokter gigi, biasanya tugas pemeriksaan laboratorium dilaksanakan oleh analis kesehatan atau dikenal dengan sebutan laboran. Adapun analis kesehatan merupakan salah satu program studi yang secara spesifik memang dibuka untuk menyediakan Sumberdaya Manusia yang profesional dalam pemeriksaan laboratorium.

Hal ini tampaknya berbeda dengan sektor kesehatan hewan, pelaksanaan pemeriksaan laboratorium atau laboran, masih banyak yang dikerjakan oleh dokter hewan. Hingga saat ini, di Indonesia belum ada jurusan atau program studi yang khusus tentang Analis Kesehatan Hewan.

Dengan demikian, tugas dokter hewan semakin besar dan berat. Semoga, kedepan, analis kesehatan dapat juga berperan sebagai analis kesehatan hewan. Toh, pada dasarnya, pemeriksaan laboratorium pada hewan dan manusia tidak terlalu berbeda signifikan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak dokter. Sukses selalu. Salam literasi

10 Jan
Balas

Keren ulasannya Pak Berri, menjadi ilmu buat pembaca

10 Jan
Balas



search

New Post