Iwan Berri Prima

Seorang dokter, yang berprofesi sebagai dokter hewan pemerintah (Dokter Hewan Berwenang). Kelahiran Bantul Yogyakarta, tapi saat ini menetap di Kota Tanjungpina...

Selengkapnya
Navigasi Web
Melakukan Pengawasan Kesehatan Hewan Kurban

Melakukan Pengawasan Kesehatan Hewan Kurban

Momentum hari raya Idul Adha atau dikenal dengan hari raya kurban merupakan ajang nyata peranan dokter hewan di Indonesia. Karena pada saat itu, dokter hewan pemerintah se Indonesia melakukan tugasnya, mengawasi kesehatan hewan kurban. Bahkan, aktifitas ini menjadi menarik, karena media massa ikut memberitakannya.

Selain itu, pengawasan kesehatan hewan kurban juga menjadi bukti nyata bahwa peranan dokter hewan sejatinya untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Melalui hewan yang sehat, masyarakat konsumen menjadi lebih aman dan tidak cemas. Hal ini mengingat, lebih dari 75% penyakit baru yang menginfeksi manusia, adalah bersifat zoonosis atau penyakit yang ditularkan berasal dari hewan. Artinya, jangan sampai pemotongan hewan kurban justru menjadi ajang penularan penyakit yang sangat masif.

Selanjutnya, pengawasan kesehatan hewan kurban juga sebagai upaya untuk menegakkan syariat islam. Karena syarat sah sebagai hewan kurban, salah satunya hewan harus dalam kondisi sehat.

Oleh sebab itu, sudah saatnya kita percayakan urusan sehat itu ke ahlinya. Kebiasaan menduga-menduga hewan sehat atau sakit sebaiknya jangan diteruskan. Terlebih, dilingkungan kita, saat ini sudah ada ahlinya. Sudah ada profesi yang memang dididik untuk mengetahui hewan sehat atau sakit. Karena bisa jadi, hewan tampaknya sehat, tapi sejatinya ia sedang sakit.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah pak dokter e tetap sehat dan dapat laksanakan tugas semoga sampai hari H hewan2 kurbannya tetap sehat. Aamiin. Sakam literasi dan sehat selalu.

23 Jan
Balas

Apa kabar mas, sehat selalu ya...aamiin, baru bisa skss lagi

23 Jan
Balas

Slmt berkarya mas dokter. Persiapan Idul Adha, ya?

23 Jan
Balas



search

New Post