Iwan Berri Prima

Seorang dokter, yang berprofesi sebagai dokter hewan pemerintah (Dokter Hewan Berwenang). Kelahiran Bantul Yogyakarta, tapi saat ini menetap di Kota Tanjungpina...

Selengkapnya
Navigasi Web
Melakukan Pengesahan Jaminan Keamanan dan Mutu Produk Hewan

Melakukan Pengesahan Jaminan Keamanan dan Mutu Produk Hewan

Ketika kita membeli produk hewan, seperti produk pangan asal hewan (daging, susu dan telur), dan juga produk non pangan asal hewan, seperti jaket kulit, dompet kulit, sepatu kulit, jaket bulu, dan lain sebagainya, kita mungkin sering tidak menyadari bahwa produk hewan itu sejatinya berpotensi menularkan penyakit yang dapat menular ke manusia. Terlebih jika hewan yang kita gunakan produknya tersebut mengidap suatu kasus penyakit.

Oleh sebab itu, mengacu pada regulasi hukum di Indonesia, khususnya pada Undang-Undang Nomor 18 tahun 2009 sebagaimana direvisi menjadi UU Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Produk hewan adalah semua bahan yang berasal dari hewan yang masih segar dan/atau telah diolah atau diproses untuk keperluan konsumsi, farmakoseutika, pertanian, dan/atau kegunaan lain bagi pemenuhan kebutuhan dan kemaslahatan manusia.

Berdasarkan hal ini, peranan dokter hewan dalam melakukan pengesahan jaminan keamanan dan mutu produk hewan sangat berperan penting.

Salah satu tanda bahwa produk telah dijamin oleh dokter hewan adalah produk tersebut telah memiliki Nomor Kontrol Veteriner (NKV).

Pernahkah anda melihat tulisan NKV disebuah produk? Misalnya dikemasan kotak susu, atau dikemasan daging dan telur? Jika penasaran? Silahkan untuk membacanya dikemasan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses selalu, Pak dokter. Salam literasi

14 Jan
Balas

Mantap ulasannya keren

14 Jan
Balas



search

New Post