Iwan Berri Prima

Seorang dokter, yang berprofesi sebagai dokter hewan pemerintah (Dokter Hewan Berwenang). Kelahiran Bantul Yogyakarta, tapi saat ini menetap di Kota Tanjungpina...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membantu Menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Membantu Menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Meskipun secara umum dokter hewan berperan dalam membantu masyarakat untuk mempertahankan status kesehatan hewan dan menjaga kesehatan masyarakat veteriner, seorang dokter hewan di pemerintahan daerah ternyata dapat membantu mengisi pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satunya adalah dengan menarik retribusi atas penggunaan kekayaan daerah atau fasilitas daerah dalam hal ini seperti Rumah Potong Hewan (RPH) dan atau laboratorium kesehatan hewan daerah.

Di RPH misalnya, masyarakat akan ditarik biaya (retribusi) ketika memanfaatkan pemotongan hewan disana. Tentunya di RPH bukan hanya memanfaatkan fasilitas pemotongan hewan saja, tetapi juga disertai dengan pengawasan oleh dokter hewan. Dalam hal ini, dokter hewan akan menjamin bahwa hewan yang dipotong akan memenuhi kaidah ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).

Caranya adalah, dokter hewan akan memastikan bahwa proses dalam pemotongan telah memenuhi kaidah kesehatan, sejak hewan sebelum dipotong (dilakukan pemeriksaan Ante Mortem), saat hewan dipotong (pemeriksaan pemotongan), hingga hewan setelah dipotong (pemeriksaan post mortem).

Namun demikian, khusus untuk kriteria halal, aspek pelaksananya wajib dilakukan oleh juru sembelih halal yang telah disertifikasi halal dan dilaksanakan dengan kaidah agama islam.

Melihat hal ini, rasanya Pemda sangat beruntung jika membuka pendaftaran ASN (aparatur sipil negara) dokter hewan. Selain membantu kesehatan masyarakat, ternyata dokter hewan juga bisa mendatangkan PAD.

Keren banget!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses selalu, Pak dokter. Salam literasi

19 Jan
Balas

Terima kasih pak.. salam literasi

20 Jan



search

New Post